Peran lembaga kursus dan pelatihan Sekar Arom dalam mempertahankan eksistensi tari remo Trisnawati Kabupaten Situbondo / Juwita Khairunnisa

Khairunnisa, Juwita (2018) Peran lembaga kursus dan pelatihan Sekar Arom dalam mempertahankan eksistensi tari remo Trisnawati Kabupaten Situbondo / Juwita Khairunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khairunnisa, Juwita. 2018. Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Sekar Arom Dalam Mempertahankan Eksistensi Tari Remo Trisnawati Kabupaten Situbondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Sekar Arom, Eksistensi, Tari Remo Trisnawati, Kabupaten Situbondo Kabupaten Situbondo memiliki beberapa kesenian tradisional salah satunya adalah tari Remo Putri yang dikenal dengan tari Remo Trisnawati. Tari Remo Trisnawati memiliki eksistensi yang cukup baik di luar daerah Kabupaten Situbondo, sedangkan di daerahnya sendiri tarian ini kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. LKP Sekar Arom merupakan lembaga pendidikan informal yang ada di Kabupaten Situbondo yang berupaya untuk mempertahankan eksistensi tari Remo Trisnawati. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan Lembaga Kursus dan Pelatihan (seterusnya disingkat LKP) Sekar Arom dalam mempertahankan eksistensi tari Remo Trisnawati Kabupaten Situbondo, serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah LKP Sekar Arom telah mengangkat dan memperkenalkan keberadaan tari Remo Trisnawati kepada pemerintah dan masyarakat luas melalui beberapa upaya yang dilakukan. Upaya yang dilakukan LKP Sekar Arom adalah melakukan pelatihan rutin tari Remo Trisnawati, mementaskan tari Remo Trisnawati, serta berupaya untuk mempertahankan keaslian tari Remo Trisnawati dengan berkunjung ke penata tari secara langsung. Serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi upaya LKP Sekar Arom, diantaranya adalah peran pimpinan LKP Sekar Arom dan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) pelatih sanggar sebagai faktor pendukung. Waktu latihan sering kosong, kesiapan sarana dan prasarana, serta kehadiran pesera pelatihan menjadi faktor penghambat. Saran yang diberikan peneliti agar eksistensi tari Remo Trisnawati dapat terus dilestarikan, harapannya masyarakat bisa ikut serta dalam melakukan upaya-upaya pelestarian yang dilakukan oleh LKP Sekar Arom. Agar proses pelestarian tari Remo Trisnawati berjalan sesuai harapan dengan kegiatan yang ada di LKP Sekar Arom, sebaiknya pemerintah juga turut memberikan kontribusi baik berupa gagasan, kesempatan atau materi untuk melengkapi sarana dan prasarana bagi berlangsungnya kegiatan di LKP Sekar Arom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item