Video pembelajaran tari molong kopi bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tlogosari Bondowoso / Dhinar Sulistyo Anggarini

Anggarini, Dhinar Sulistyo (2018) Video pembelajaran tari molong kopi bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tlogosari Bondowoso / Dhinar Sulistyo Anggarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggarini, Dhinar Sulistyo. 2018. Video Pembelajaran Tari Molong Kopi bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Tlogosari Bondowoso, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Robby Hidajat, M.Sn (II) Rully Aprilia Zandra, M.Pd, M.Sn Kata kunci: Video Pembelajaran, Tari Molong Kopi, SMP Negeri 1 Tlogosari Bondowoso Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tlogosari kurang tertarik dengan pelajaran seni budaya. Khususnya pada materi yang menjadi muatan lokal yaitu tari Molong Kopi dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Sehingga sekolah membutuhkan media yang menarik yaitu video pembelajaran tari Molong Kopi. Tujuan penelitian ini yaitu membantu siswa memahami materi elemen gerak tari pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari dengan membuat produk berupa video pembelajaran tari Molong Kopi. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhuan penelitian sebagai berikut : (1) pra produksi (potensi dan masalah, pengumpulan data, dan desain produk), (2) produksi (produksi, validasi produk tahap I, revisi produk tahap I, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk tahap II, validasi produk tahap II, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir), (3) pasca produksi ( revisi produksi akhir). Instrumen pengambilan data di ujikan dan dinilai oleh ahli materi pertama (seniman tari), ahli materi kedua (guru seni budaya), ahli multimedia (dosen), dan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tlogosari yang terbagi menjadi dua proses yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II, yang dinilai oleh ahli materi pertama tahap I (77,5%) tahap II (100%), ahli materi kedua tahap I (75%) tahap II (97,5%), ahli multimedia tahap I (70,2%) tahap II (96,42%), uji coba kelompok kecil melalui soal pre test mencapai 36%dan soal post test mencapai 80%, uji coba kelompok besar melalui soal pre test mencapai 47,64% dan soal post test mencapai 90%. Dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan presentase mencapai 90% siswa mencapai KKM (≥70) setelah menggunakan media berupa video pembelajaran tari Molong Kopi. Penelitian dan pengembangan ini mengharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media berupa games tentang tari Molong Kopi agar media pembelajaran di bidang seni tari semakin beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item