Pembelajaran tari thengul di sanggar Pamardisiwi Kabupaten Bojonegoro / Febry Dwi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran tari thengul di sanggar Pamardisiwi Kabupaten Bojonegoro / Febry Dwi Kurniasari

Kurniasari, Febry Dwi (2018) Pembelajaran tari thengul di sanggar Pamardisiwi Kabupaten Bojonegoro / Febry Dwi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniasari Febry Dwi. 2018. Pembelajaran Tari Thengul di Sanggar Pamardisiwi Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dr. Robby Hidajat M.Sn Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Proses Pembelajaran Tari Thengul Sanggar Pamardisiwi. Tari Thengul merupakan tari yang pertama kali diciptakan oleh seniman Bojonegoro tarian tersebut dikenal oleh masyarakat dan menjadi ikon Bojonegoro. Tari Thengul diajarkan di sanggar terutama di Sanggar Pamardisiwi. Sanggar Pamardisiwi merupakan sanggar yang mempublikasikan tari Thengul sampai akhirnya tari Thengul menjadi terkenal dan diakui sebagai tari tradisional Bojonegoro. Sanggar Pamardisiwi selalu memberikan pembelajaran tentang tari Thengul guna untuk melestarikan kesenian yang ada di Bojonegoro. Salah satu cara yang dilakukan Sanggar Pamardisiwi adalah mengajarkan tari Thengul kepada anggota sanggar. Eksistensi tari Thengul berkembang dengan pesat di kalangan seniman sehingga memunculkan inovasi lain untuk mengkreasikan tari Thengul guna melestarikan keberadaannya. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti proses pembelajaran tari Thengul di Sanggar Pamardisiwi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran tari Thengul di Sanggar Pamardisiwi. Hasil yang dipaparkan antara lain adalah hasil wawancara observasi serta dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji tentang pembelajaran di Sanggar Pamardisiwi adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian tentang pembelajaran di sanggar dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu pelatih memberikan contoh gerakan terlebih dahulu kemudian peserta didik memperagakan gerakan yang telah dicontohkan oleh pelatih lalu peserta didik mengulang-ulang hingga menguasai gerakan. Metode drill yaitu pelatih selalu memberikan gerakan menggunakan hitungan 1x8 dan diulang-ulang hingga peserta didik menguasai. Metode kerja kelompok yaitu pelatih membagi kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda-beda. Media yang digunakan yaitu handphone dan sound. Pelaksanaan pembelajaran terdapat awal inti dan akhir. Evaluasi di sanggar dengan melakukan pementasan secara rutin disetiap tahun dan pelatih memberikan penilaian berdasarkan wiraga wirama wirasa dan harmonisasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu metode pembelajaran terdapat demonstrasi drilling dan kerja kelompok. Media yang digunakan pelatih yaitu handphone dan sound. Pelaksanaan pembelajaran terdapat awal inti akhir. Evaluasi pembelajaran dengan melakukan pementasan rutin disetiap tahun dan memberikan penilaian hasil melalui wiraga wirama wirasa dan harmonisasi. Diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan kepada pembaca seniman dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tari Thengul di Sanggar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item