Primanggalang, Kautsar Ranggi (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada materi islamisasi di Tuban untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Tuban / Kautsar Ranggi Primanggalang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Primanggalang Kautsar Ranggi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Islamisasi di Tuban Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 1 Tuban. Tesis Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. 2) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. Kata kunci Adobe Flash media interaktif Islamisasi Pada proses pembelajaran sejarah lokal di SMAN 1 Tuban masih sering terjadi beberapa permasalahan diantaranya tidak adanya bahan ajar sejarah lokal kurangnya motivasi belajar dan kurang mampunya siswa dalam berpikir kritis. Solusi dari peneliti untuk ketiga masalah tersebut adalah pengembangan media interaktif berupa Adobe Flash dengan materi Islamisasi di Tuban. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif berupa Adobe Flash pada materi Islamisasi di Tuban yang memenuhi kelayakan yaitu valid efektif praktis dan 2) Melihat keefektifan penggunaan media Adobe Flash dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan media interaktif Adobe Flash ini menggunakan model pengembangan dari Lee Owens. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pengembang sedangkan yang menjadi subjek uji coba adalah siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Tuban. Hasil data penelitian ini didapatkan dari hasil angket yang disebarkan pada kelas kontrol kelas eksperimen. Selain itu data juga diperoleh dari hasil tes kognitif siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan 1) Validator materi dengan persentase 85.41% dengan kriteria valid 2) Validator media dengan persentase 86.86% dengan kriteria valid 3) Mendapatkan skor kepraktisan 95% dengan kriteria praktis 4) Mendapatkan skor keefektifan 81% dengan kriteria efektif 5) Meningkatkan motivasi belajar sebanyak 24% dibandingkan sebelum menggunakan media Adobe Flash dengan rincian sebelum menggunakan Adobe Flash mendapat skor 60% sedangkan sesudah menggunakan Adobe Flash mendapat skor 84% dan mendapat kriteria memotivasi 6) Berdasarkan hasil pre test dan post test meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebanyak 21% dibandingkan sebelum menggunakan Adobe Flash dengan rincian sebelum menggunakan Adobe Flash mendapat skor 65% sedangkan sesudah menggunakan Adobe Flash skor kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 86% data juga diperkuat dari hasil skor angket sebesar 81% dari kedua data tersebut media ini mendapat kriteria memuaskan . Dengan demikian dari hasil penilaian tingkat kelayakan dan peningkatan motivasi serta kemampuan berpikir kritis maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif berupa Adobe Flash dengan materi Islamisasi di Tuban telah menenuhi kelayakan produk sebagai media pembelajaran yaitu valid efektif dan praktis sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Tuban.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/137579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |