Pengembangan media ECHA (Elaboration, Cover Song, Historical Content and Audiovisual) berbasis vlog dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Eka Dian Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media ECHA (Elaboration, Cover Song, Historical Content and Audiovisual) berbasis vlog dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Eka Dian Susanti

Susanti, Eka Dian (2020) Pengembangan media ECHA (Elaboration, Cover Song, Historical Content and Audiovisual) berbasis vlog dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Eka Dian Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak Pengembangan Media Echa(Elaboration Cover Song Historycal Content And Audiovisual) Berbasis Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips 3 Di Sma Negeri 1 SumberpucungEka Dian Susanti S2 Pendidikan SejarahRINGKASANSusanti Eka Dian. 2019. Pengembangan Media ECHA (Elaboration Cover Song Historycal Content and Audio Visual) Berbasis Vlog Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah kelas XI IPS 3 SMANegeri 1 Sumberpucung Malang. Tesis Jurusan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum dan Dr. Dewa AgungGedeAgung M.Hum. Kata kunci Media ECHA Vlog Motivasi Belajar Hasil Belajar dan Sejarah Perkembangan pendidikan di Indonesia memberikan tantangan untuk menumbuhkan kesadaran Sejarah mempertebal semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air serta mempertebal rasa kebersamaan dalam kehidupan antar bangsa di dunia. Perlu adanya pembaharuan dalam proses pembelajaran yang dilakuan oleh seorang guru guna untuk mewujudkan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Guru harus dapat melakukan improvisasi dan inovasi dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.Pemilihan media pembelajaran Sejarah harus disesuaikan dengan materi dan tingkat kebutuhan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Sumberpucung memiliki motivasi dan hasil belajar yang rendah dalam matapelajaran Sejarah sehingga diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kegemaran siswa. Tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan media EC HA berbasis Vlog untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hasil produk ini dapat dilihat dan dijadikan media pembelajaran Sejarah untuk semua kalangan dan tidak ada batasan waktu. Media ECHA merupakan media yang mengelaborasikan materi Sejarah kedalam bentuk lagu yang telah dirubah liriknya dalam bentuk audio visual. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lee O wens. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi wawancara validasi materi validasi media angket dan tes.Media EC HA berbasis Vlog telah melalui uji validasi dari ahli materi menunjukkan presentase 78% yang menunjukkan kategori valid. Uji validasi media memperoleh skor 98% menunjukkan kategori sangat valid. Hasil dari penelitian ini adalah setelah dilakukan uji coba media EC HA berbasis Vlog di kelas XI IPS 3 mendapatkan skor 92 % sehingga apabila dikonversikan termasuk dalam kategori sangat termotivasi. Hasil belajar dari uji coba kelompok besar setelah diberikan media ECHA berbasis Vlog mencapai angka 88%. Apabila dikonversikan maka termasuk kategori memuaskan .Berdasarkan hal tersebut hasil dari penelitian ini ialah kelas XI IPS 3 mengalami peningkatan dalam motivasi dan hasil belajar Sejarah. Dapat disimpulkan bahwa media ECHA (E laboration Cover Song Historycal Content and Audio Visual) Berbasis Vlog layak digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah selanjutnya dapat meningkatkan motivasi hasil belajar siswa kelas XI IPS 3. Adanya pengembangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pengembang lain dan juga bagi guru Sejarah untuk berinovasi dalam pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137577

Actions (login required)

View Item View Item