Kemampuan berpikir kritis dan kesadaran sejarah siswa kelas xi MIPA 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Santoso Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis dan kesadaran sejarah siswa kelas xi MIPA 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Santoso Ilham

Ilham, Santoso (2020) Kemampuan berpikir kritis dan kesadaran sejarah siswa kelas xi MIPA 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Santoso Ilham. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABTSRAK Ilham Santoso. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. (II) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci berpikir kritis kesadaran sejarah Kualitas pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan dalam kegiatan proses belajar mengajar salah satunya dengan melihat hasil belajar siswa. Pembelajaran tidak dapat hanya dipelajari melalui teori saja melainkan harus diimbangi dengan percobaan dan praktek yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dalam memecahkan permasalahan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran sejarah. Alasan pemilihan topik berpikir kritis dan kesadaran sejarah karena terdapat siswa belum mampu berpikir kritis dalam menganalisis peristiwa sejarah hasil evaluasi hasil belajar siswa yang rendah dan kurangnya antusias dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kesadaran sejarah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Turen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data reduksi data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan penelitian Pertama kemampuan berpikir kritis siswa XI MIPA 3 SMAN 1 Turen secara keseluruhan sudah baik. Siswa sudah menunjukan bahwa mereka telah mampu dalam menganalisis tentang karakteristik berpikir kritis antara lain menentukan kredibilitas suatu sumber membedakan fakta dari penilain mengidentifikasi bahasan menurut sudut pandang masing-masing. Beberapa siswa masih ada yang belum mampu menjawab dengan tepat serta tidak seluruhnya mampu menganalisis tentang karakteristik berpikir kritis seperti membedakan antara yang relevan dari yang tidak relevan dan mengevaluasi bukti yang ditawarkan untuk mendukung pengakuan. Kedua kemampuan kesadaran sejarah siswa XI MIPA 3 SMAN 1 Turen sudah sangat baik dengan dapat menganalisis tentang semua karakteristik kesadaran sejarah diantaranya menghayati makna sejarah bagi masa kini dan masa yang akan datang mengenal diri sendiri dan bangsanya dan menjaga peninggalan budaya bangsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137576

Actions (login required)

View Item View Item