Pengembangan media pembelajaran tari gandrung Banyuwangi melalui game tebak gambar berbasis aplikasi android untuk siswa kelas 8E di SMP Negeri 1 Tegaldlimo / Fachrin Arom Pujarisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran tari gandrung Banyuwangi melalui game tebak gambar berbasis aplikasi android untuk siswa kelas 8E di SMP Negeri 1 Tegaldlimo / Fachrin Arom Pujarisma

Pujarisma, Fachrin Arom (2018) Pengembangan media pembelajaran tari gandrung Banyuwangi melalui game tebak gambar berbasis aplikasi android untuk siswa kelas 8E di SMP Negeri 1 Tegaldlimo / Fachrin Arom Pujarisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Pujarisma Fachrin Arom. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Tari Gandrung Banyuwangi Melalui Game Tebak Gambar Berbasis Aplikasi Android Untuk Kelas 8E di SMP Negeri 1 Tegaldlimo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E. W. Suprihatin D.P M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci media pembelajaran tari gandrung Banyuwangi game tebak gambar aplikasi android SMP Negeri 1 Tegaldlimo SMP Negeri 1 Tegaldlimo merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang menerapkan pembelajaran seni budaya sub bidang seni tari yang berada di Kabupaten Banyuwangi. Pada mata pelajaran seni tari tradisi guru masih kesulitan dalam menyampaikan materi karena guru kurang menguasai dalam membuat media pembelajaran. Selain itu karena latar belakang guru seni budaya di SMP Negeri 1 Tegaldlimo adalah guru IPS sehingga penyampaian materi tentang kesenian tradisi kurang lengkap. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game tebak gambar tari gandrung Banyuwangi sebagai upaya peningkatan kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya dengan sub tema tari tradisional. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian R D yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut a. Pra Produksi (1) Analisis kebutuhan (2) Pengumpulan Data (3) Perancangan Desain Produk b. Produksi (4) Uji Validasi Ahli I (5) Revisi Produk I (6) Uji Coba Kelompok Kecil (7) Revisi Produk II (8) Uji Coba Kelompok Besar (9) Uji Validasi Ahli II c. Pasca Produksi (10) Revisi Produk Akhir (11) Produk Game Tebak Gambar Berbasis Aplikasi Android. Subjek coba pada penelitian ini dilakukan oleh 2 ahli materi 1 ahli desain 8 siswa SMP Negeri 1 Tegaldlimo dan 26 siswa kelas 8E SMP Negeri 1 Tegaldlimo. Teknik pengumpulan data untuk uji coba menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran yaitu Game Tebak Gambar Tari Gandrung Banyuwangi Berbasis Aplikasi Android. Hasil presentase dari uji validasi ahli materi I tahap I memperoleh 77 7% dan tahap II memperoleh 97 22% hasil uji validasi ahli materi II tahap I menghasilkan 90% tahap II memperoleh 90% hasil uji validasi desain tahap I memperoleh 85 93% tahap II 89 062% uji validasi kelompok kecil memperoleh 73 75% dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh 84 61%. Hasil perhitungan pada pre test dan pos test terdapat peningkatan dan hasil belajar sebesar 46 16% untuk yang tidak tuntas dari 69 23% menjadi 23 07% dan 46 16% untuk yang tuntas sesuai KKM dari 30 76% menjadi 76 92%. Hasil tersebut menyatakan bahwa media pembelajran tersebut layak dan efektif. Pengembangan media pembelajaran ini dapat dikembangkan lebih luas dari beberapa motif gerak pada tari gandrung yang belum tercantum dengan pembahasan yang berbeda dan lebih menarik inovatif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13757

Actions (login required)

View Item View Item