Pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek / Noveriana Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek / Noveriana Kartikasari

Kartikasari, Noveriana (2018) Pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek / Noveriana Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kartikasari Noveriana. 2018. Pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Rully Aprilia Zandra M.Pd M.Sn Kata kunci Pembelajaran Tari Turonggo Yakso Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek SMA Negeri 2 Trenggalek merupakan salah satu sekolah negeri di kabupaten Trenggalek yang mempunyai keunggulan dalam bidang seni tari yaitu Tari Turonggo Yakso dan menerapkan Tari Turonggo Yakso sebagai materi pelajaran seni tari dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Trenggalek. Banyak prestasi yang diraih yaitu Pada tahun 2012 SMA Negeri 2 Trenggalek meraih juara empat FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat kabupaten/kota mendapatkan juara 1 festival jaranan Turonggo Yakso pada tahun 2015 penyaji terbaik dalam festival jaranan Turonggo Yakso pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 SMA Negeri 2 Trenggalek menjadi 5 penyaji terbaik dan penata tari terbaik dalam Festival Turonggo Yakso. Hal tersebut menjadi pertanyaan bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru Seni Budaya di SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Tari Turonggo Yakso yang meliputi perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 2 Kabupaten Trenggalek. Metode penilitian adalah deskripsi kualitatif lokasi penelitian berada di SMA Negeri 2 Trenggalek. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Validitasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Saat pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi dengan media satu set properti Tari Turonggo Yakso dan video Tari Turonggo Yakso pakem dispora pada pengelolaan kelas guru menegur siswa yang gaduh dan memberi motivasi kepada siswa. Keguatan penilaian guru menggunakan instrumen penilaian berupa penilaian afektif penilaian kognitif dan penilaian psikomotorik. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat tiga proses pembelajaran dalam pembelajaran Tari Turonggo Yakso yaitu perencanaan pembelajaran Tari Turonggo Yakso pelaksanaan pembelajaran Tari Turonggo Yakso dan evaluasi pembelajaran Tari Turonggo Yakso. Saran dari hasil penelitian tersebut adalah perencanaan pembelajaran sebaiknya dibuat lebih terperinci lagi oleh guru dan sebagai pedoman agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan pembelajaran dapat berjalan lebih maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan. Mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik diharapkan akan ada penelitian yang lebih lanjut tentang pengembangan media pembelajaran khususnya di bidang pembelajaran Tari Turonggo Yakso.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item