Prasojo, Mohammad Wahyudi (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan fieldwork terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik pada materi dinamika litosfer / Mohammad Wahyudi Prasojo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Prasojo Wahyudi M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan fieldwork (ITFW) terhadap Keterampilan proses sains dan Sikap ilmiah pada materi dinamika litosfer. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Keywords Inkuiri fieldwork Sikap ilmiah Proses sains Pembelajaran dengan memberikan permasalahan konkrit kepada peserta didik saat ini dinilai lebih efektif dalam mencapai tujuan belajar. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang lemah dalam menggunakan cara berpikir ilmiah untuk menyelesaikan permasalahan. Sehingga diperlukannya model pembelajaran yang dapat mengakomodir cara berpikir ilmiah peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah inkuiri terbimbing dengan Fieldwork (ITFW). Pembelajaran melalui model ITFW membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model ITFW terhadap keterampilan proses sains (2) pengaruh sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains (3) interaksi antara model ITFW dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil perolehan data berupa nilai gain score pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan anova faktorial. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Al-Izzah Batu. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen adalah kelas X IIS 3 dan kelas kontrol adalah kelas X IIS 2. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data keterampilan proses sains peserta didik menggunakan lembar observasi dan laporan ilmiah sederhana sedangkan sikap ilmiah menggunakan lembar observasi sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan dari model ITFW terhadap keterampilan proses sains. Hal ini dikarenakan sintak ITFW berbasis pada penyelidikan dan pengukuran di lapangan. Sehingga peserta didik memerlukan langkah-langkah strategis dan sistematis dalam penyelesaian masalah berlandaskan kaidah-kaidah saintifik (2) terdapat pengaruh signifikan dari sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains. Hal ini dikarenakan permasalahan yang diberikan kepada peserta didik harus diselesaikan dengan proses saintifik sehingga diperlukan sikap yang mengarahkan peserta didik untuk dapat bertindak dan menyusun langkah-langkah secara ilmiah (3) terdapat interaksi signifikan antara model ITFW dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains. Hal ini dikarenakan sintak ITFW berbasis pada penyelidikan dan pengukuran di lapangan dan peserta didik harus menyelesaikan permasalahan melalui kajian ilmiah. Sehingga terdapat interaksi dari model ITFW dengan sikap ilmiah. Saran yang dapat diajukan adalah pertama guru dapat menggunakan model ITFW untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik. Kedua peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan perhatian secara detail kepada setiap aktivitas peserta didik saat melakukan penyelidikan di lapangan. Terutama mengenai keakuratan data saat peserta didik menggunakan alat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/137502 |
Actions (login required)
View Item |