Proses pembelajaran musik tradisional kelas XI Bahasa di SMA Negeri 1 Batu /Ajeng Rimbawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran musik tradisional kelas XI Bahasa di SMA Negeri 1 Batu /Ajeng Rimbawati

Rimbawati, Ajeng (2018) Proses pembelajaran musik tradisional kelas XI Bahasa di SMA Negeri 1 Batu /Ajeng Rimbawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rimbawati Ajeng . 2018. Proses Pembelajaran Musik Tradisional Pada Kelas XI Bahasa Di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pembimbing (1) Dra. Hj. E. W. Suprihatin D. P M.Pd (2) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Proses Pembelajaran Musik Tradisional karawitan SMA. Proses Pembelajaran Seni musik tradisional karawitan banyak memberikan pelajaran kepada peserta didik seperti keterampilan dalam memainkan alat musik tradisional karawitan. SMA Negeri 1 Batu merupakan satu-satunya sekolah di Kota Batu yang menerapkan pembelajaran seni musik tradisional karawitan sebagai intrakurikuler pada pelajaran seni budaya. Pembelajaran seni musik tradisional karawitan menarik diteliti karena dari pembelajaran musik tradisional karawitan SMA Negeri 1 Batu banyak mendapatkan prestasi serta proses pembelajaran musik tradisional ini diterapkan pada kelas XI yang seharusnya pada kurikulum 2013 musik tradisional diajarkan pada kelas X. SMA Negeri 1 Batu juga rutin mempergelarkan pertunjukkan karawitan setiap tahunnya untuk mengisi acara besar yang ada di Kota Batu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan(1) perencanaan pembelajaran musik tradisional karawitan (2) pelaksanaan pembelajaran musik tradisional karawitan dan (3) evaluasi pembelajaran musik tradisional karawitan pada mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jalan KH. Agus Salim No 57 Kota Batu. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah guru seni musik tradisional karawitan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analasisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang digunakan guru terdiri dari silabus dan RPP yang mengacu pada kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan metode pembelajaran ceramah demonstrasi dan praktik media pembelajaran seperangkat gamelan dan papan tulis kertas manila untuk menulis rumus kendangan lancaran serta melakukan usaha pengelolaan kelas dengan memahami karakter setiap siswa agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. (3) evaluasi pembelajaran mengacu dalam 3 aspek yaitu afektif kognitif dan psikomotorik. Saran perlu dilakukan pembuatan perangkat pembelajaran dengan lengkap serta sering dilakukan kegiatan pembelajaran mengenal memahami menghayati dan menghargai seni musik tradisional karawitan sehingga proses pembelajaran seni musik tradisional karawitan akan sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 dan pembelajaran seni musik tradisional akan tetap terjaga dan terpelihara keberadaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item