Strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMAN 1 Malang / Mufidatul Ma'rufah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMAN 1 Malang / Mufidatul Ma'rufah

Ma'rufah, Mufidatul (2018) Strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMAN 1 Malang / Mufidatul Ma'rufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ma rufah Mufidatul. 2018. Strategi Pembelajaran Seni Karawitan di Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata kunci Strategi Pembelajaran Seni Karawitan Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pelajaran. Karawitan merupakan produk khas budaya nusantara berupa seni musik yang wajib dilestarikan. SMA Negeri 1 Malang merupakan salah satu sekolah umum yang serius dalam bidang pembelajaran seni karawitan khususnya di lingkup Kota Malang dibuktikan dengan terpenuhinya sarana dan prasarana pembelajaran menjadikan seni karawitan sebagai pembelajaran intrakurikuler dan didukung dengan guru yang berkompeten di bidang seni. Maka dari itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam pembelajaran seni karawitan agar siswa-siswa menyukai musik karawitan sehingga seni musik karawitan tetap hidup dan lestari. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Hasil data yang ingin dipaparkan antara lain adalah hasil wawancara observasi serta dokumentasi mengenai strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji tentang strategi pembelajaran seni musik adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran seni karawitan yang digunakan oleh guru seni budaya antara lain strategi pengorganisasian strategi penyampaian dan strategi pengelolaan. Strategi pengorganisasian meliputi tujuan materi metode dan penilaian. Strategi penyampaian meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Strategi pengelolaan meliputi pengelolaan ruang dan pengelolaan siswa. Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian ini adalah strategi pembelajaran seni karawitan di kelas XI SMA Negeri 1 Malang memuat tiga hal yaitu pengorganisasian pembelajaran penyampaian pembelajaran serta pengelolaan pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa agar dapat memperoleh pengetahuan yang lebih banyak lagi mengenai strategi pembelajaran. Diharapkan pula pendidikan formal lebih memperhatikan dan mengoptimalkan kebutuhan sarana dan prasarana khususnya di bidang kesenian tradisional demi berkembangnya kesenian khususnya di lingkup sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item