Pembelajaran musik Danglung di Sanggar Palupi Kabupaten Lumajang jawa Timur / Ahmad Syauqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran musik Danglung di Sanggar Palupi Kabupaten Lumajang jawa Timur / Ahmad Syauqi

Syauqi, Ahmad (2018) Pembelajaran musik Danglung di Sanggar Palupi Kabupaten Lumajang jawa Timur / Ahmad Syauqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad Syauqi. 2018PembelajaranMusikDanglung di SanggarPalupiKabupatenLumajangJawaTimur. Skripsi Program StudiPendidikanSeniTaridanMusik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I)Dra.Hj. E.W. Suprihatin D.P M.Pd (II)Hartono S.Sn M.Sn Kata kunci Pembelajaran MusikDanglung SanggarPalupi. PembelajaranmusikDanglungdi sanggarPalupiKabupatenLumajangmerupakanpembelajaran yang menarikuntuk dipelajari.MusikDanglungadalahmusikkhasdariKabupatenLumajang.KeunikanpembelajaranmusikDanglungdi sanggarPalupiadalahpelatihtidakmemilikisertifikatkhusussebagaipendidikakademismusik namunsanggarPalupiberhasilmendapatkanprestasi diberbagaiajangperlombaanmusiktradisionalDanglung.Hal ini yangmendasaripenelitiuntukmelakukanpenelitianmendalamtentangpembelajaranmusikDanglungdi sanggarPalupiKabupatenLumajangjawatimur. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah 1) BagaimanaperencanaanpembelajaranmusikDanglung di sanggarPalupiKabupatenLumajang 2) BagaimanapelaksanaanpembelajaranmusikDanglung di sanggarPalupiKabupatenLumajang 3) BagaimanaEvaluasipembelajaranmusikDanglung di sanggarPalupiKabupatenLumajang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Pengumpulan data dilakukandenganteknikwawancara observasidandokumentasi.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) perencanaanpembelajaranmusikDanglung di sanggarPalupimenggunakanlangkah-langkahperencanaanpembelajaran yang terbagimenjadiduayaituidentifikasikebutuhandanmateri.Identifikasikebutuhandilakukanuntukmengidentifikasikeperluandalampelaksanaanpembelajaransedangkanmateriyang di ajarkandirencanakansecaratidaktertulis materi yang di ajarkanadalahlagudolanan yang mencirikanmusikDanglung.PelatihbebasmengembangkanmaterisaatpelaksanaanpembelajaranmusikDanglung.2) Pelaksanaanpembelajaranterdapatpeyampaianmateri yang diajarkanmenggunakanpendekatankontruktivismedanempatmetodeyaituceramah diskusi demonstrasi dandrill.3)Evaluasipembelajarandituangkandalambentukpenilaian yang dibagidalamtigaaspekyaituafektifmewakilinilaisikap kognitifmewakilikemampuanberpikirdanpsikomotorikuntukmenilaipraktik.Tigaaspekpenilaiantersebutmemilikibobotnilai yang sama. Anakdidik yang mendapatkannilaiterbaikdipilihuntukmengikutiajangperlombaan. KesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmusikDanglungdi sanggarPalupiterdapattigapokokbahasanyaituperencanaanpembelajaran pelaksanaanpembelajarandanevaluasipembelajaran yang ketiganya di rancangsecararuntut.Saran untukpenelitianlainadalahmelakukanpenelitianpengembangan media pembelajaranmusikDanglungdalambentukaplikasiandroid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item