Perkembangan bentuk seni pertunjukan Kethek Ogleng di Desa Mojoroto Kota Kediri / Evi Nailis SaÔÇÖadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan bentuk seni pertunjukan Kethek Ogleng di Desa Mojoroto Kota Kediri / Evi Nailis SaÔÇÖadah

SaÔÇÖadah, Evi Nailis (2018) Perkembangan bentuk seni pertunjukan Kethek Ogleng di Desa Mojoroto Kota Kediri / Evi Nailis SaÔÇÖadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa adah Evi Nailis. 2017. Perkembangan Bentuk Seni Pertunjukan di Desa Mojoroto Kota Kediri. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Robby Hidajat M.Sn Pembimbing (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Kethek Ogleng Perkembangan Seni Pertunjukan Kethek Ogleng merupakan seni pertunjukan rakyat yang hidup dan berkembang di wilayah Kota Kediri Jawa Timur. Seni pertunjukan ini memiliki lakon yang di ambil yakni dari kisah-kisah legenda atau ceria rakyat yang ada di Kota Kediri. Selain itu dalam seni pertunjukan Kethek Ogleng di dukung oleh unsur -unsur yang menunjang jalan nya pertunjukan yaitu musik koreografi tata rias dan busana. Hal ini yang melatar belakangi penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Perkembangan Seni Pertunjukan Kethek Ogleng di sanggar Guntur Dance Company. Tujuan dilakukan penelitan pada seni pertunjukan Kethek Ogleng untuk mengetahui perkembangan seni pertunjukan ini dari tahun 1970 sampai 2017. Sehingga dapat dijadikan motivasi generasi kedepan untuk mengembangkan seni pertunjukan ini dengan kemajuan dan perkembangan seni yang ada pada saat ini. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Desa Mojoroto di sanggar Guntur Dance Company Kota Kediri Jawa Timur. Prosedur pengumpulan data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan temuan menggunakan 2 teknik traingulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan Perkembangan Seni Pertunjukan Kethek Ogleng pda tahun periode 1970-2017 dan seni pertunjukan ini memiliki keunikan tersendiri dari beberapa aspek yaitu ragam gerak alur cerita dan karakter dari peran atau adegan yang di perankan dalam sebuah pertunjukan tersebut. Beberapa saran yang diberikan penulis yaitu bagi pelaku seni dan juga seniman diharapkan mempertahankan dan menjaga maupun melestarikan Seni Pertunjukan Kethek Ogleng dengan cara memperkuat jati diri dan memiliki kesadaran tinggi sebagai masyarakat Kota Kediri. Untuk seniman yang ingin mengontruksi diharapkan untuk lebih mampu untuk memperlihatkan makna positif pada seni pertunjukan tersebut. Dengan adanya penelitian diharapkan masyarakat Kota Kediri mengetahui keunikan dan makna positif yang terdapat dalam seni pertunjukan Kethek Ogleng sehingga dapat melestarikan dengan baik seni pertunjukan yang merupakan khas Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item