Proses pembelajaran gitar akustik dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di MA Negeri 1 Sampang Madura / Moh. Bahri - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran gitar akustik dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di MA Negeri 1 Sampang Madura / Moh. Bahri

Bahri, Moh. (2018) Proses pembelajaran gitar akustik dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di MA Negeri 1 Sampang Madura / Moh. Bahri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Moh.Bahri.2017.Proses Pembelajaran GitarAkustikDalam Kegiatan Ekstrakurikuler Keseniandi MAN 1 Sampang. Skripsi ProgramStudi PendidikanSeni Tari dan Musik JurusanSeni dan Desain FakultasSastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra.NinikHarini M.Pd (II) RullyApriliaZandraM.Sn. M.Pd Kata Kunci GitarAkustik pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler MAN 1 Sampang. Ekstrakurikulergitar akustik.merupakansuatu proses pembelajaranyang memberikesempatankepadapesertadidikuntukmengeksplorminatdanbakatnya. MAN 1 Sampangmerupakansekolahyang ungguldalambidangkesenianterutamadibidangsenimusikhalitudibuktikanseringnyamenjadijuaradalambidangsenimusikgitarakustikyang diselenggarakanolehpemerintahkabupatenSampang. Melalui ekstrakurikuler peserta didik mendapat kesempatan lebih jauh untuk mengembangkan talentanya. MAN 1Sampang seringmenyelenggarkanperntuknjukanataulombasenimusikgitarakustikantarpelajar. Denganadanyakegiatanektsrakurikulergitarakustikpesertadidiklebihterarahdalambermusik. Penelitian ini bertujuanuntukmendeskripsikan(1) perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler (2) pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler (3) evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian data serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa (1) perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler meliputi a. materi yang diajarkan dilakukan secara bertahap dalam memberikan materi b. Metode yang digunakan menggunakan metode ceramah metode demonstrasi metode tanya jawab dan metode penugasan c. Media yang digunakan dengan adanya laptop amplifier gitar (2) pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir d. (3) Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi proses dilihat dari kedisiplinan keaktifan dan kesungguhan siswa dan evaluasi hasil dilihat dari ketika siswa mendemostrasikan dengan indikator tehnik harmonisasi dan hafalan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapatdisarankan agarpihak sekolah terusmempertahankanekstrakurikulersenimusikgitarakustiksehingapesertadidikdapatterusberkembangdalambermusiksertadapat memberikan prestasi yang lebihdalam bidang seni bagi sekolah khususnya di bidang seni musik.DenganadanyaEkstrakurikuler seni musik gitarakustikpihaksekolahdiharapkan mampu mewadahi peserta didik yang ingin mengembangkan talenta di bidang musik sehingga tidak hanya sekedar mampu memainkan alat musik mengurangi risiko stres tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk belajar manajemen waktu mampu berkreasi dan berprestasi melalui even pertunjukan maupun lomba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13742

Actions (login required)

View Item View Item