Unsur Pembentuk Musik Hadrah Ishari di Anak Cabang Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan / Rifqi Khilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Unsur Pembentuk Musik Hadrah Ishari di Anak Cabang Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan / Rifqi Khilmi

Khilmi, Rifqi (2018) Unsur Pembentuk Musik Hadrah Ishari di Anak Cabang Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan / Rifqi Khilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rifqi Khilmi. 2017. Unsur Pembentuk Musik Hadrah Ishari di Anak Cabang Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Rully A. Zandra M.Pd. M.Sn Kata Kunci Hadrah Ishari Unsur Pembentuk Musik. Kesenian hadrah ishari adalah jenis kesenian hadrah yang memiliki ciri khas di instrumen musiknya. Hadrah ishari di Pasuruan sangat dikenal oleh masyarakat Pasuruan sendiri. Masyarakat Pasuruan bahkan mengklaim kesenian ini asli kesenian dari Pasuruan. Tidak sedikit masyarakat Pasuruan yang ahli untuk memainkan rebana dan menyanyikan lagu hadrah ishari ini. Namun masyarakat kebanyakan hanya mengetahui tentang bagaimana memainkannya tanpa mengerti notasi pola rebana tepukan tangan dan pola nyanyian khususnya pada lagu ibtida . Lagu ibtida merupakan lagu yang wajib dibawakan pada kesenian hadrah ishari. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti unsur pembentuk musik yang ada pada hadrah ishari lagu ibtida . Unsur pembentuk musik yang dimaksud meliputi timbre skala nada tempo dan ritme serta ekspresi. Penlitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi saat mengumpulkan data. Data yang telah didapat dari saat proses pengumpulan data akan dianalisis dengan mereduksi data penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Data yang telah disimpulkan akan di cek keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan dari hasil penelitian hadrah ishari di anak cabang Kecamatan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa unsur pembentuk musik hadrah ishari pada lagu ibtida terdiri dari unsur timbre skala nada tempo dan ritme serta ekspresi. Timbre pada lagu ibtida berasal dari rebana tepukan tangan dan vokal. Skala nada yang dapat dianalisis terpadat pada vokal karena hanya vokal yang memiliki melodi. Vokal dalam hadrah ishari pada lagu ibtida memiliki nada diatonis minor. Tempo pada musik hadrah ishari pada lagu ibtida adalah allegro dan adagio. Ritme yang dimiliki oleh lagu ibtida yaitu jos dan yahum. Unsur ekspresi lagu ibtida terlihat dari rebana tepukan tangan dan vokal saat dinamika lembut maupun keras. Beberapa saran yang diberikan oleh penulis untuk penelitian selanjutnya yaitu agar mengkaji lebih dalam tentang musik hadrah ishari dari segi struktur penyajian musik hadrah ishari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item