Strategi pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Trenggalek / Yeni Setyo Cahyaningrum

Cahyaningrum, Yeni Setyo (2018) Strategi pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Trenggalek / Yeni Setyo Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum Yeni Setyo. 2017. Strategi Pembelajaran Tari Turonggo Yakso pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. (II) Rully A. Zandra M.Pd. M.Sn. Kata kunci strategi pembelajaran Tari Turonggo Yakso Seni Budaya SMA Negeri 2 Trenggalek merupakan salah satu sekolah formal yang mempunyai keunggulan dalam bidang seni tari yaitu pada tari Turonggo Yakso yang termasuk kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 2 Trenggalek. Turonggo Yakso merupakan salah satu icon tari dari Kabupaten Trenggalek. Tari Turonggo Yakso di SMA Negeri 2 Trenggalek telah mendapatkan juara 1 festival jaranan Turonggo yakso pada tahun 2015 penyaji terbaik dalam festival jaranan Turonggo Yakso tahun 2016 juara 3 lomba tari di kodim pada tahun 2016 5 penyaji terbaik dan penata tari terbaik tahun 2017. Hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan strategi apakah yang digunakan oleh guru tari di SMA Negeri 2 Trenggalek. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pembelajaran tari Turonggo Yakso di SMA Negeri 2 Trenggalek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk menggambarkan prosedur pengumpulan data yang meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman (flow model) dan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut strategi pembelajaran tari Turonggo Yakso pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Trenggalek mencakup (1) pengorganisasian pembelajaran tari Turonggo Yakso guru seni budaya diwajibkan membuat perencanaan pembelajaran berupa tujuan materi metode media dan penilaian. (2) penyampain pembelajaran tari Turonggo Yakso dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang didalamnya terdapat kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. (3) pada pengelolaan pembelajaran tari Turonggo Yakso guru mengarah pada pengelolaan ruang dan pengelolaan siswa. Kesimpulan penelitian mencakup tiga hal pokok yaitu perencanaan pembeajaran tari Turonggo Yakso penyampaian pembelajaran tari Turonggo Yakso dan pengelolaan pembelajaran tari Turonggo Yakso. Saran Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu peneliti ingin memberikan masukan dan saran kepada pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan pembelajaran tari Turonggo Yakso yaitu bagi pihak mahasiswa diharapkan agar mampu melanjutkan penelitian tentang strategi pembelajaran tari Turonggo Yakso pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 3 Trenggalek yang dapat menghasilkan penelitian baru di sekolah lain. Bagi pihak sekolah perencanaan pembelajaran sebaiknya dibuat lebih terperinci lagi oleh guru dan sebagai pedoman agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan pembelajaran dapat berjalan lebih maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item