Pengembangan buku teks Tari Glipang Rodhat sebagai bahan ajar mata pelajaran seni tari di SMP Negeri 01 Pasirian Lumajang / Mita Rosita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks Tari Glipang Rodhat sebagai bahan ajar mata pelajaran seni tari di SMP Negeri 01 Pasirian Lumajang / Mita Rosita Rahayu

Rahayu, Mita Rosita (2017) Pengembangan buku teks Tari Glipang Rodhat sebagai bahan ajar mata pelajaran seni tari di SMP Negeri 01 Pasirian Lumajang / Mita Rosita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Mita Rosita. 2017. Pengembangan Buku Teks Tari Glipang Rodhat Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Seni Tari Di SMP Negeri 01 Pasirian Lumajang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci pengembangan buku teks tari glipang rodhat pasirian lumajang SMP Negeri 01 Pasirian Lumajang adalah salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran sub bidang seni tari yang diberlakukan sejak kelas VII semester ganjil dan untuk kelas VIII materi tari juga diberikan dengan pembahasan tentang keunikan tari tradisional Glipang Rodhat yang telah disesuaikan dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar pengembangan buku teks tari Glipang Rodhat sebagai bahan ajar mata pelajaran seni tari di SMP negeri 01 Pasirian Lumajang. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian Borg and Gall 1983 menggunakan metodo Research and Development (R D) yang telah dimodifikasi menjadi 11 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) pengumpulan data (3) perancangan produk (4) desain produk (5) validasi produk I (6) revisi produk I (7) uji kelompok kecil (8) uji kelompok besar (9) validasi II (10) revisi produk akhir (11) produk bahan ajar buku teks tari Glipang Rodhat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan persentase. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipertimbangkan sebagai bahan revisi produk sedangkan data kuantitatif dianalisis dari uji kelayakan produk dianalisis menggunakan rumus dan persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan sebuah produk bahan ajar buku teks tari Glipang Rodhat (2) produk yang dikembangkan adalah buku teks yang dikemas dalam bentuk buku cetak yang berisi materi keunikan tari Glipang Rodhat (3) perolehan hasil uji coba produk dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian ahli materi I buku teks valid dengan persentase 96 9% berdasarkan penilaian oleh ahli materi II buku teks valid dengan persentase 96 6% berdasarkan penilaian oleh ahli desain buku teks valid dengan persentase 96 2% sedangkan penilaian oleh ahli bahasa buku teks valid dengan persentase 96 4%. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk buku teks tari Glipang Rodhat yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Saran untuk penelitian lain adalah materi yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran interaktif yang bisa menjadi sumber belajar lain pendamping buku teks yang digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item