Struktur gerak Reog Bulkio di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Kunti Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur gerak Reog Bulkio di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Kunti Wijayanti

Wijayanti, Kunti (2017) Struktur gerak Reog Bulkio di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Kunti Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Kunti. 2017. Struktur Gerak Reog Bulkio Di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci Struktur gerak Reog Bulkio kesenian rakyat kabupaten Blitar Tari Reog Bulkio adalah tari khas Blitar yang terinspirasi dari perjuangan para prajurit Diponegoro melawan penjajah Belanda. Gerak tari Reog Bulkio sederhana dan diulang-ulang menggambarkan peperangan melawan penjajah Belanda adapun cerita mengenai peperangan zaman kenabian yang menceritakan perlawanan agama Islam melawan kaum kafir hanyalah sebagai selubung saja agar para penari atau pemain tari Reog Bulkio tidak ditangkap dan dibuang oleh penjajah Belanda. Alasan yang mendasari pemikiran peneliti untuk mengadakan penelitian tentang struktur tari Reog Bulkio ini memiliki ciri khas yaitu geraknya sedrehana dan diulang-ulang serta masyarakat di wilayah Blitar belum banyak yang mengetahui tari Reog Bulkio dengan adanya penelitian tentang struktur Reog Bulkio ini dapat membantu memperkenalkan Reog Bulkio kepada masyarakat Blitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan struktur gerak Reog Bulkio yang berada di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Masyarakat Desa Kemloko mayoritas memeluk agama Islam. Tari Reog Bulkio ini adalah kesenian yang berafaskan Islam dan Hindu terlihat dari alat musik yang digunakan yaitu alat musik Terbang yang merupakan alat musik yang bernafaskan islam serta gong dan kenong berasal dari agama Hindu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan gamabar. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Pengecekan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap dalam penelitian ini terdiri dari tahap persiapan tahap rancangan penelitian tahap pelaksanaan tahap pelaporan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah struktur gerak Reog Bulkio terdiri dari unsur gerak kepala unsur gerak tangan unsur gerak badan unsur gerak kaki terdiri dari motif statis dan motif dinamis ragam gerak frase paragraf dan memiliki tiga kostum yang berbeda antara penari prajurit penari perangan dan pemegang panji atau bendera. Kesimpulan dari struktur gerak Reog Bulkio ini yaitu terdiri dari 5 unsur gerak kepala 9 unsur gerak tangan 8 unsur gerak badan 9 unsur gerak kaki 13 motif statis 6 motif dinamis 6 ragam gerak 13 frase 3 paragraf serta memiliki 3 kostum berbeda dari penari prajurit perangan dan pemegang panji atau bendera. Saran untuk masyarakat Blitar agar lebih melestarikan dan menghargai kesenian lokal agar tetap lestari keberadaannya untuk peneliti selanjutnya di harapkan bisa melengkapi hasil dari penelitian ini agar lebih rinci dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item View Item