Minat siswa pada pembelajaran seni tari dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang / Rudyana Narastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat siswa pada pembelajaran seni tari dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang / Rudyana Narastiti

Narastiti, Rudyana (2017) Minat siswa pada pembelajaran seni tari dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang / Rudyana Narastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Toherman. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Qiroah Berbasis Android untuk Siswa Kelas X SMA Sunan Kalijogo Jabung. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Muhaiban (2) Mohammad Ahsanuddin S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Qiroah Android SMA Sunan Kalijogo Jabung. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan media yang dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan materi kepada siswa. Akan tetapi penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab masih sangat jarang dilakukan. Seperti halnya pembelajaran Qiroah di SMA Sunan Kalijogo Jabung terbatas menggunakan buku teks dan lembar kerja siswa (LKS). Guru tidak memanfaatkan atau membuat media yang lebih menarik. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan berkurangnya minat siswa untuk belajar bahasa Arab. Melihat permasalahan tersebut peneliti memilih untuk mengembangkan media pembelajaran Qiroah berbasis Android untuk siswa kelas X di SMA Sunana Kalijogo Jabung. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah medeskripsikan (1) hasil pengembangan media pembelajaran Qiroah berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Sunan Kalijogo Jabung (2) model penggunaan media pembelajaran Qiroah berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Sunan Kalijogo Jabung dan (3) tingkat kelayakan media pembelejaran Qiroah berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Sunan Kalijogo Jabung. Peneliti menggunakan model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dengan mengembangkan setiap langkah-langkah kegiatan yang dilakukan menjadi 8 langkah yaitu (1) pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli materi dan ahli media (5) revisi awal (6) uji coba lapangan (7) revisi akhir dan (8) produk akhir. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil produk yang dikembangkan adalah aplikasi Media Pembelajaran Qiroah Berbasis Android . Media ini terdiri dari tiga tema yaitu al Hiwayah al Mihnah dan an Nidhom. Setiap tema terdapat tampilan teks Qiroah al Mufrodat Tarkibul Jumlah dan al Tadribat. Hasil akhir yang diperoleh peneliti setelah melakukan uji coba kepada ahli materi ahli media guru dan kepada siswa semuanya menunjukkan keterangan valid. Peneliti menganjurkan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan media pembelajaran ini dan menganjurkan para siswa untuk menggunakan serta mengambil manfaat dari aplikasi ini dengan sebaik-baiknya. Bagi pengembang berikutnya disarankan mengembangkan media pembelajaran Istima Kalam dan Kitabah berbasis Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item