Buku teks materi tari sekar jepun untuk bahan ajar peserta didik kelas X di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali / Tisha Devi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Buku teks materi tari sekar jepun untuk bahan ajar peserta didik kelas X di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali / Tisha Devi Kusuma

Kusuma, Tisha Devi (2017) Buku teks materi tari sekar jepun untuk bahan ajar peserta didik kelas X di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali / Tisha Devi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Tisha Devi. 2017. Buku Teks Materi Tari Sekar Jepun Untuk Bahan Ajar Peserta Didik Kelas X di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E. W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Buku teks seni tari Tari Sekar Jepun Bali Tari Sekar Jepun menjadi materi pokok pembelajaran seni budaya pada kelas X semester ganjil di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali. Perolehan nilai peserta didik diatas KKM adalah keberhasilan sebuah tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran kerja sama antara pendidik peserta didik dan penggunaan bahan ajar atau media pembelajaran sangat penting. Penyampaian materi tari Sekar Jepun mengalami kendala karena guru seni budaya di SMK Pariwisata Triatma Jaya berlatar belakang seni rupa dan seni musik. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian dan pengembangan bahan ajar tari Sekar Jepun. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menyusun buku teks tari Sekar Jepun sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas X di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian mengacu pada metode Borg and Gall (1983) yang dimodifikasi terdiri atas pengumpulan data dan informasi perencanaan (menyusun buku sesuai KD) pengembangan bentuk awal produk uji validasi tahap I revisi hasil uji produk uji kelompok kecil revisi produk uji validasi tahap II uji kelompok besar revisi produk akhir dan diseminasi dan implementasi produk. Subjek validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui angket rating scale dengan menggunakan format penilaian uji coba validasi dan uji coba kelompok kecil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut (1) hasil validasi tahap I ahli materi mencapai presentase 75% untuk kelayakan isi materi dan kelayakan penyajian hasil validasi ahli bahasa mencapai 83% untuk aspek tata bahasa dan penyusunan kalimat dan hasil validasi ahli media mencapai 88 15% untuk aspek kelayakan desain produk sehingga ketiga validasi dikategorikan cukup valid (2) uji kelompok kecil yang dilakukan 5 siswa keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung secara keseluruhan mencapai presentase 86 25% dikategorikan cukup valid (3) hasil validasi tahap II ahli materi secara keseluruhan mencapai presentase 97 72% untuk kelayakan isi materi dan kelayakan penyajian hasil validasi ahli bahasa mencapai 91 66% untuk aspek tata bahasa dan penyusunan kalimat dan hasil validasi ahli media mencapai 94 73% aspek kelayakan desain produk sehingga ketiga validasi dikategorikan sangat valid (4) uji kelompok besar yang dilakukan 33 siswa keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung mencapai presentase 87 31% dikategorikan cukup valid. Berdasarkan penelitian dan pengembangan dapat ditarik kesimpulan bahwa buku teks Tari Sekar Jepun telah layak diproduksi dan digunakan di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung Bali. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian agar membuat media dalam bentuk lain seperti video pembelajaran media game dan media lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item