UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN BUDAYA MEMBACA BUKU MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT - Repositori Universitas Negeri Malang

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN BUDAYA MEMBACA BUKU MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Santoso, Hari UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN BUDAYA MEMBACA BUKU MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
iklan layanan masyarakat.pdf

Download (129kB)

Abstract

Abstraks.Iklan mempunyai fungsi, yaitu : (1) fungsi informasi, (2) fungsi persuasif, (3) fungsi pengingat. Tujuan periklanan menurut sasarannya, yaitu : (1) Iklan informatif, (2) Iklan persuasif, (3) Iklan pengingat, (4) Iklan penguatan. Iklan dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe besar, yaitu : (1) Periklanan produk. (2) Periklanan eceran. (3) Periklanan korporasi. (4) Periklanan bisnis ke bisnis, (5) Periklanan politik). (6) Iklan direktori. (7) Periklanan respon langsung. (8) Iklan pelayaan masyarakat. Kriteria yang digunakan dalam menentukan ILM adalah : (1) Non-komersial, (2) Tidak bersifat keagamaan, (3) Non-politik, (4) Berwawasan nasional, (5) Diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat, (6) Diajukan oleh organisasi yang telah diakui atau diterima, (7) Dapat diiklankan, (8) Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional Beberapa faktor penyebab berkurangnya minat dan kegemaran membaca masyarakat Indonesia , diantaranya : (1) Faktor Lingkungan (2) Faktor Lingkungan Sekolah. (3) Faktor Lingkungan Masyarakat. (4) Faktor dari diri individu siswa. Dalam menentukan strategi ILM, pengiklan harus terlebih dahulu menentukan segmentasi atau target audience di suatu lingkungan masyarakat. Merujuk pada pandangan Kasali (1998) ada tiga jenis pengelompokkan segmentasi masyarakat yang digunakan dalam mencapai tujuan, yaitu: (1) Demografis. (2) Geografis. (3) Psikografis. Pembuatan ILM menurut Jefkins (1997) harus mengandung unsur-unsur AIDCA yaitu Attention, Interest, Desire, Conviction, Action. (1) Attention (Perhatian). (2) Interest (Ketertarikan). (3) Desire (Keinginan). (4) Conviction (Keyakinan) (5) Action (Tindakan) Dalam membuat ILM diperlukan beberapa tahap sebagai berikut: (1) Identifikasi masalah dan pemilihan serta analisis target audience (masyarakat) , (2) Menentukan tujuan khusus iklan . (3) Menentukan tema iklan atau selling point.(4) Menentukan anggaran iklan selama periode tertentu iklan tersebut ditayangkan. (5) Perencanaan media, (6) Menciptakan pesan-pesan iklan, termasuk headline, sub-headline, body copy, artwork, dan logo yang secara bersama-sama menarik dan memelihara perhatian sasaran. (7) Mengevaluasi iklan layanan masyarakat (ILM) tersebut. Evaluasi dilakukan sebelum, selama dan sesudah ILM disiarkan. Kata kunci : minat dan budaya membaca, iklan layanan masyarakat

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:28
Last Modified: 25 Apr 2022 03:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item