Hubungan keterampilan menari guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS SMAN 1 Jenggawah / Ika Nur Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan menari guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS SMAN 1 Jenggawah / Ika Nur Oktaviani

Oktaviani, Ika Nur (2017) Hubungan keterampilan menari guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS SMAN 1 Jenggawah / Ika Nur Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Ika Nur. 2017. Hubungan Keterampilan Menari Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI IPS SMAN 1 Jenggawah. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd. (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Kata Kunci keterampilan menari guru seni budaya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya hubungan antara keterampilan menari guru seni budaya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 117 siswa dan sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah. Variabel bebas yaitu keterampilan menari guru sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket atau koesioner. Uji validitas instrument dilakukan dengan teknik korelasi item menggunakan Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crounbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut sesuai dengan hasil perhitungan yang diperoleh dengan teknik korelasi product moment diketahui p 0 01 0 05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menari guru seni budaya dengan prestasi belajar siswa r hitung sebesar 0 447 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel bersifat positif kemudian dibandingkan dengan r tabel dengan jumlah N 30 dan taraf signifikan 5% yaitu 0 361 terbukti hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0 447 0 361) dan diketahui koefisien determinasi sebesar 0 200. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterampilan menari guru seni budaya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2016/2017. Besarnya hubungan keterampilan menari guru seni budaya dengan prestasi belajar siswa sebesar 20%. ABSTRACT Oktaviani Ika Nur. 2017. The Correlation between Teachers Dancing Skill with the Students Achievement on Art and Culture Subject for Eleventh Graders of Social Program in SMAN 1 Jenggawah. Thesis Art and Design Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd. (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Keywords Art and culture teachers dancing skill students achievement The purpose of this research is to know the correlation between art and culture teachers dancing skill with the students achievement in the art and culture subject for eleventh graders of SMA Negeri 1 Jenggawah in Jember regency school year 2016/2017. This research is a quantitative research using the correlation research design. The population in this research are 117 students and the sample is 30 students of social program in SMA Negeri 1 Jenggawah took by using random sampling techniques. The continuous is a teachers dancing skill and the controlled variable is students achievement. The instruments in this research is questionnaire. The instruments validity test is done by using item correlation technique of product moment based on the Pearson theory and the instruments reliability is done by using alpha Crounbach formula. The researcher using product moment correlation and simple correlation as the data analysis technique. The result of this research can be illustrated as follows based on the calculation result by using product moment correlation showing that coefficient of p 0 01 0 05 indicates that there is significance correlation between the teachers dancing skill and the students achievement coefficient r 0 447 indicates that both of the two variables have positive correlation then the comparison between the number of N 30 in r table and the 5% accuracy is 0 361 it is proven by r accounted is bigger from the r table (0 447 0 361) and the coefficient is defined as 0 200. It can be conclude from the result analysis that there is perfect correlation between the teachers dancing skill and the students achievements in art and culture subject for eleventh graders of social program in SMA Negeri 1 Jenggawah school year 2016/2017. This means that the magnitude of the correlation in teachers dancing skill is 20% with the students achievement. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah S.W.T karena berkat rahmat dan hidayahNya peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Hubungan Keterampilan Menari Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI IPS SMAN 1 Jenggawah . Skripsi ini ditulis untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan Program Sarjana Pendidikan Seni Tari dan Musik di Universitas Negeri Malang. Proses pelaksanaan penelitian hingga pada tahap penyelesaian skripsi ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan yang diberikan oleh pihak lain yang terlibat secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu peneliti menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada. 1.Prof. Utami Widiawati M.A Ph.d selaku dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 2.Dr. Hariyanto M.Hum selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain. 3 Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd selaku Dosen Pembimbing I yang senantiasa sabar dan teliti memberikan petunjuk bimbingan dan motivasi dalam penulisan skripsi ini. 4.Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd selaku Dosen Pembimbing II yang senantiasa sabar dan teliti dalam memperbaiki tata penulisan serta memberikan bimbingan dan motivasi dalam penyelesaian skripsi ini. 5.Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd selaku dosen penguji utama atas saran dan masukan yang diberikan dalam perbaikan skrpsi. 6.Dra. Hj. Endang Woro Suprihatin Dyah. P M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik. 7.Orang tuaku tercinta Ibu Sutacik dan Mbah Mah yang dengan tulus menyemangati dan memberikan doa serta kasih sayang yang tiada batas. 8.Ibu Hj. Ngatminah selaku Kepala sekolah SMA Negeri 1 Jenggawah yang telah membantu dan memberikan saran yang berguna dalam penyusunan skripsi ini 9.Ibu Yuni Prasetyowati S.Pd dan Bapak Drs. Winari selaku guru seni budaya SMA Negeri 1 Jenggawah yang telah membagikan ilmu serta semangat bagi peneliti untuk segara menyelesaikan skripsi ini. 10.Rina wahyuningtyas teman kamar yang telah memberi semangat dan senantiasa menemani. 11.Endah yulianik Indah Sayekti Anugerah Dewi Ranggi Rizqy dan semua yang tidak dapat disebutkan. 12.Keluarga besar Apartemen Pondokan Siska yang selalu memberikan kehangatan dan semangat merantau dikala jauh dari keluarga. 13.Saudara seperjuangan offering AA A dan B PSTM angkatan 2013 yang telah memberikan tawa dan semangat berjuang bersama. Penulis menyadari sepenuhnya dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu kritik dan saran sangat diperlukan untuk perbaikan dalam penelitian berikutnya. Malang Agutus 2017 Peneliti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item