Model kepemimpinan kepala sekolah dalam pembentukan disiplin siswa (studi kasus di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek) / Muhammad Irwawan Siswantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Model kepemimpinan kepala sekolah dalam pembentukan disiplin siswa (studi kasus di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek) / Muhammad Irwawan Siswantoro

Siswantoro, Muhammad Irwawan (2020) Model kepemimpinan kepala sekolah dalam pembentukan disiplin siswa (studi kasus di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek) / Muhammad Irwawan Siswantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswantoro Muhammad Irwawan. 2020. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Disiplin Siswa ( Studi Kasus Di MA Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek ). Tesis Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edi Suhartono S.H. M.Pd (II) Dr. Didik Sukriono S.H. M.Hum. Kata kunci model kepemimpinan kepala sekolah pembentukan disiplin Model kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan disiplin siswa. Karena model kepemimpinan yang baik akan mempengaruhi kualitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik (educator) dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek (2) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivasi (motivator) dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek (3) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai pengelola (manager) dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini mengunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi Kasus ialah suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam tentang suatu program peristiwa dan aktivitas baik pada tingkat perorangan sekelompok orang lembaga atau organisasi untuk memperoleh pengetahuan mendalam. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data dalam penelitian ini dihasilkan dari observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif mengingat data yang terkumpul sebagian besar merupakan data kualitatif yaitu dengan analisis interaktif. Dalam penelitian ini untuk mengecek keabsahan data mengunakan kredibilitas transferabilitas auditabilitas konformabilitas. Adapun hasil dari penelitian adalah sebagai berikut (1) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik (Educator) dalam pembentukan disiplin Siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek bahwa dalam melakukan fungsinya sebagai educator kepala sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. (2) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivasi (Motivator) dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek bahwa Peran kepala sekolah sebagai motivator sangat penting pengaruhnya dalam meningkatkan kedisiplinan. (3) model kepemimpinan kepala sekolah sebagai pengelola (manager) dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek bahwa kepala sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menyusun program sekolah diwujudkan dalam Pengembangan program sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek secara berkala baik program akademis maupun nonakademis yang dituangkan dalam kurun waktu lebih dari dua tahun. Pengembangan program jangka menengah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek baik program akademis maupun nonakademis yang dituangkan dalam kurun waktu dua sampai empat bulan. Pengembangan program jangka pendek MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek baik program akademis maupun nonakademis yang dituangkan dalam kurun waktu satu tahun (program tahunan) yang termasuk dalam pengembangan rencana anggaran pendapatan belanja sekolah. Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain Untuk kepala sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Dalam melakukan fungsinya sebagai educator kepala sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Hendaknya setiap kegiatan dalam pengembangan mutu pembelajaran yang dilakukan oleh guru terjadwal dengan rapi sehingga tidak ada kemungkinan terganggunya proses pembelajaran disekolah. Untuk pihak sekolah diharapkan mampu memberikan kesempatan ke siswa untuk lebih leluasa dalam mengembangkan bakatnya. Bahwasannya kepala sekolah MA Terpadu Al Anwar Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam keberhasilan pembelajaran dan proses pendidikan disekolah sedangkan para staf sekolah dan guru merupakan unsur pendukung yang berfungsi membantu kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137261

Actions (login required)

View Item View Item