Rakaciwi, Bella (2017) Proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten malang / Bella Rakaciwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rakaciwi Bella. 2017. Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E.W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Rully A. Zandra M.Pd M.Sn Kata kunci Pembelajaran Paduan Suara Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Singosari SMP Negeri 3 Singosari merupakan salah satu sekolah formal yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Pelatih paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari bukan berlatar belakang seni musik namun dapat menciptakan berbagai prestasi bagi SMP Negeri 3 Singosari. Hal ini menjadi pertanyaan tentang pembelajaran apakah yang telah berhasil diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang (2) Pelaksanaan pembelajaraan dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang (3) Evaluasi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 3 Singosari Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dalam bentuk foto dan video. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik metode. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut perencanaan pembelajaran tidak dibuat oleh pelatih ekstrakurikuler paduan suara berupa RPP akan tetapi membuat program kerja yang di buat oleh guru sekolah memberikan kebebasan pada guru untuk mengembangkan materi dalam proses pembelajarannya sendiri. Pelaksanaan pembelajaran paduan suara dalam penyampaian materi menggunakan metode solfegio drill dan demonstrasi. Pengelolaan pembelajaran guru mengarah pada pengelolaan ruang dan pengelolaan siswa. Pengelolaan ruang mengacu pada pengkondisian ruangan yang dipakai agar tercipta suasana nyaman pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan pengelolaan siswa lebih mengacu pada bagaimana guru dapat mengatasi permasalahan individu dan permasalahan kelompok yang terjadi dalam kelas sehingga seluruh siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru tanpa pengecualian. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga hal pokok dalam proses pembelajaran paduan suara yaitu perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menerapkan metode drill dan banyak membimbing siswa secara individu maupun kelompok. Saran untuk peneliti lain adalah melakukan penelitian mendalam tentang upaya meningkatkan teknik vokal dalam paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |