Proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari dengan menggunakan level dan pola lantai di SMP Negeri 2 Malang / Yeti Murdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari dengan menggunakan level dan pola lantai di SMP Negeri 2 Malang / Yeti Murdiana

Murdiana, Yeti (2017) Proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari dengan menggunakan level dan pola lantai di SMP Negeri 2 Malang / Yeti Murdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murdiana Yeti. 2017. Proses Kreasi Siswa Dalam Mengembangkan Tari Sri Wedari Berdasarkan Dengan Menggunakan Level Dan Pola Lantai Di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Soerjo Wido Minarto. M.Pd (2) Kelik Desta Rahmanto S.Sn. M.Pd. Kata Kunci Proses Kreasi Level dan Pola Lantai Penilitian ini menyampaikan proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari dengan menggunakan level dan pola lantai. Pemilihan lokasi oleh peneliti dilakukan di SMP Negeri 2 Malang karena pembelajaran seni budaya yang digunakan oleh bu Siwi Jevanika sebagai guru seni tari memiliki metode yang sangat menarik karena metode yang digunakan oleh guru seni budaya berbeda dengan sekolah lain yaitu metode STAD. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari kemudian memaparkan pola lantai hasil kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari serta memaparkan level hasil kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari di SMP Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terjun langsung di lapangan. Data berupa hasil pengamatan proses kreasi siswa dan perangkat pembelajaran dalam bentuk dokumentasi foto yang dideskripsikan. Analisis data berupa (1) reduksi (2) paparan data dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil Analisis data penelitian ini adalah (1) proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari melalui 4 tahapan yaitu eksplorasi proses pencarian gerak eksperimentasi pencarian gerak dengan spontanitas pembentukan pemilihan gerak komposisi penyusunan gerak yang sudah dipilih kemudian disesuaikan dengan musik iringan Sri Wedari setelah. (2) Pola lantai yang digunakan pada proses kreasi siswa yaitu pola lantai segitiga diagonal vertikal horizontal dan lingkaran. (3) level hasil kreasi siswa dalam mengembangkan tari Sri Wedari yaitu level atas level sedang dan level bawah. Harapan dari penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai sarana untuk mengetahui dan mendalami proses kreasi pengembangan tari Sri Wedari oleh siswa dalam pelajaran seni budaya serta dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang proses kreasi siswa dalam mengembangkan tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item