Pengaruh bantuan LMS (Learning management System) dalam strategi think-pair-share terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri di Tulungagung / Ahmad Suhaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bantuan LMS (Learning management System) dalam strategi think-pair-share terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri di Tulungagung / Ahmad Suhaili

Suhaili, Ahmad (2020) Pengaruh bantuan LMS (Learning management System) dalam strategi think-pair-share terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri di Tulungagung / Ahmad Suhaili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad Suhaili 2019. Pengaruh Bantuan Learning Management System (LMS)Dalam Strategi Think-Pair-ShareTerhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Di Tulungagung. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Endang Budiasih M.S. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci think-pair-share Learning Management System (LMS) hasil belajar motivasi peserta didik asam basa Asam basa merupakan materi pada mata pelajaran kimia kelas XI di Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Berdasarkan penelitian sebelumnya materi ini merupakan materi yang relatif sulit. Solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah 1) memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengkonstruk pengetahuannya secara mandiri melalui proses berpikir 2) melibatkan peserta didik dalam kelompok kecil untuk berbagi pendapat 3) mendorong peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar interaktif melalui diskusi di antara sesama peserta didik maupun pengajar 4) melaksanakan pembelajaran dengan bantuan Learning Management System (LMS). Penerapan bantuan Learning Management System (LMS)dalam strategi think-pair-share merupakan pembelajaran yang mendukung keempat solusi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bantuan Learning Management System (LMS)dalam strategi think-pair-sharedan pengaruh startegi think-pair-shareterhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik.Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control group. Sampel penelitian adalah 2 kelas dari 3 kelas yang memperoleh materi kimia di MAN 3 Tulungagung pada tahun pelajaran 2019/2020. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelaseksperimen dibelajarkan dengan bantuan Learning Management System (LMS)dalam startegi think-pair-sharedan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan strategi think-pair-share masing-masing berjumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan jumlah soal 20 pilihan ganda dan angket motivasi peserta didik terdiri dari 21 item.Data proses keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tes hasil belajar dan data skor motivasi peserta didik tiap aspek. Data diambil secara deskriptif dan secara statistik menggunakan uji t. Uji t digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik dan motivasi peserta didik. Semua uji dilakukan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi antara peserta didik yang dibelajarkan dengan Learning Management System (LMS)dalam strategi think-pair-share dan peserta didik yang dibelajarkan dengan think-pair-share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137242

Actions (login required)

View Item View Item