Pembelajaran Tari Barong Cethik dan integrasi nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK 2 Malang / Fajri Nugraheni Sunu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Tari Barong Cethik dan integrasi nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK 2 Malang / Fajri Nugraheni Sunu

Sunu, Fajri Nugraheni (2017) Pembelajaran Tari Barong Cethik dan integrasi nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK 2 Malang / Fajri Nugraheni Sunu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunu Fajri Nugraheni. 2015. Pembelajaran Tari Barong Cethik dan Integrasi Nilai Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji. M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Tari Barong Cethik Integrasi Pendidikan Karakter. Pembelajaran merupakan suatu proses dan usaha yang dilakukan secara sadar yang dilakukan oleh individu untuk mendapatkan pengalaman baru.Tari Barong Cethik merupakan karya yang berarti individualis dan egoisme. Barong Cethik memiliki filosofis anak-anak perempuan yang akan beranjak remaja. Mereka memiliki karakter yang egois individualis dan sesuka hatinya. Itu mereka lakukan untuk memisahkan diri dengan orang-orang sekitarnya menghindari ketergantungan untuk menjadi lebih mandiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pembelajaran tari Barong Cethik di SMK Negeri 2 Malang dan integrasi pendidikan karakter serta faktor pendukung dan penghambat proses kegiatan ekstrakurikuler tari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik Wawancara mendalam dan bertahap. Juga menggunakan Observasi non Partisipatif terus terang dan tersamar tak berstruktur serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk mengecek keabsahan data terdapat tahap-tahap yaitu menggunakan trianggulasi sumber teknik dan waktu. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Tari Barong Cethik pada ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang yakni Perencanaan progam Pelaksanaan dan Evaluasi. 2) Integrasi nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMK Negeri 2 Malang antara lain Religius Jujur Toleransi Disiplin Percaya diri kreatif mandiri semangat kebangsaan dan cinta tanah air cinta damai kekompakan dan kesatuan peduli lingkungan dan peduli sosial. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler tari di SMK Negeri 2 Malang antara lain adanya keantusiasan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler tari pelatih tari yang mumpuni dalam praktek tari. Faktor penghambatnya antara lain sulitnya untuk mencari kelas yang digunakan untuk prakter tari dan harus saling berebut kelas dengan ekstrakurikuler lain sehingga sering terjadi percekcokan dengan ekstrakurikuler lain kurangnya media pembelajaran seperti soundsystem yang digunakan memutar iringan musik sehingga sering tidak ada ketika akan digunakan. Integrasi pendidikan karakter dapat membantu mengembangkan proses akademik peserta didik dalam kegiatan intrakulikuler. Peserta didik yang memeroleh pendidikan karakter menjadi lebih percaya diri sehingga lebih aktif dalam proses tanya jawab dan presentasi. Saran peneliti penggunaan media dan sarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran ekstrakuriuler tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item