Perancangan video tutorial Tari Topeng Kona untuk siswa kelas VII SMPN 1 Bondowoso Jawa Timur / Nuril Arifin

Arifin, Nuril (2017) Perancangan video tutorial Tari Topeng Kona untuk siswa kelas VII SMPN 1 Bondowoso Jawa Timur / Nuril Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin, Nuril. 2017. Tari Topeng Kona di Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso (Perancangan Video Tutorial Tari Topeng Kona Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Bondowoso. JAWA TIMUR). Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. E. W. Suprihatin D. P, M.Pd, (2) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Perancangan Video Tutorial, Tari Topeng Kona Ketersedian media pembelajaran seni budaya (seni tari) di SMPN 1 Bondowoso masih sedikit, menyebabkan proses penyampaian materi di sekolah kurang maksimal. Pelajaran seni budaya (seni tari) membutuhkan media efektif dan efisien. Video tutorial ini menyampaikan tentang materi unsur ruang, waktu, dan tenaga. Tujuan peneliti merancang video tutorial tari Topeng Kona sebagai materi seni budaya (seni tari) dalam bentuk video, untuk membantu peserta didik dalam proses belajar. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode Sugiyono (2014:298) yang meliputi: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk kecil, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Masal. Berdasarkan kebutuhan penelitian metode penelitian dan pengembangan Sugiyono mengalami modifikasi : (1) pra produksi (potensi dan masalah, pengumpulan data), (2) produksi (desain produk), (3) pasca produksi (validasi desain tahap I, revisi desain, uji coba produk kecil, revisi produk, validasi ahli tahap II, uji coba pemakaian besar, revisi produk, produksi massal). Instrumen pengambilan data di ujikan dan dinilai oleh ahli materi ke-1 (dosen), ahli materi ke-2 (guru seni budaya), ahli materi ke-3 (seniman), ahli media, dan audience yang terbagi menjadi dua proses yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi dinyatakan valid setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II, yang dinilai oleh ahli materi ke-1 tahap I (86,5%) kemudian tahap II (100%), ahli materi ke-2 tahap I (88,6%) kemudian tahap II (100%), ahli materi ke-3 tahap I (93,7%) kemudian tahap II (100%), ahli media tahap I (89,0%) kemudian tahap II (95,3%), uji coba kelompok kecil dengan presentase melalui soal pre test mencapai 38% dan soal post test mencapai 81%, uji coba kelompok besar dengan presentase melalui soal pre test mencapai 66,2% dan soal post test mencapai 96,2%. Dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan presentase mencapai 95,4%, siswa telah memenuhi KKM (≥75) setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial tari Topeng Kona. Kesimpulan dapat meningkatkan kreatifitas bagi peneliti, guru, dan pembaca. Selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian agar membuat media dalam bentuk lain seperti buku bahan ajar, media game, dan media yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item