Penguasaan konsep pada pembelajaran termodinamika dengan argument driven inquiry for stem education pada siswa SMAN Lurasik / Dionisius Bukifan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep pada pembelajaran termodinamika dengan argument driven inquiry for stem education pada siswa SMAN Lurasik / Dionisius Bukifan

Bukifan, Dionisius (2020) Penguasaan konsep pada pembelajaran termodinamika dengan argument driven inquiry for stem education pada siswa SMAN Lurasik / Dionisius Bukifan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dionisius Bukifan 2020. Penguasaan konsep pada pembelajaran termodinamika dengan Agument Drivent Inquiry for STEM education pada SMAN Lurasik . Tesis Program Studi S2 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A Kata Kunci Penguasaan konsep termodinamika ADI for STEM education. Termodinamika merupakan materi fisika yang konsepnya banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep dasar yang dipelajari dalam termodinamika mencakup hubungan timbal balik dan transformasi antara energi internal panas dan kerja. Materi penelitian ini mencakup usaha pada proses termodinamika hukum I termodinamika dan hukum II termodinamika. Untuk membantu siswa menguasai konsep termodinamika diperlukan pembelajaran yang dapat menuntun untuk menemukan konsep yang dipelajari. Ketika siswa belajar untuk menemukan konsep termodinami siswa dapat diarahkan untuk melakukan percobaan dan melakukan kegiatan penyelidikan. Pembelajaran inquiry merupakan pembelajaran berbasis penyelidikan Pembelajaran yang berbasis inkuiri menuntun siswa belajar menemukan sendiri. Untuk memperkuat hasil penyelidikan siswa berupa data yang telah ditemukan maka dibutuhkan klaim argumentasi dalam mendukung hasil temuan. Salah satu pembelajaran yang menekankan pada penyelidikan berbasis argumentasi adalah argument driven inquiry. Argument driven inquiry merupakan pengembangan inquiry dalam rangka memperkuat hasil temuan berupa klaim argumentasi. Untuk itu peneliti menerapkan argument drivent inquiry for STEM education. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa setelah memperoleh pembelajaran ADI for STEM education. Penelitian menggunakan mixed method desain embedded experimental. Penelitian melibatkan 29 siswa kelas XI SMAN Lurasik. Instrumen tes berupa 13 soal penguasaan konsep pilihan ganda. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui pre-test post-test wawancara dan observasi. Analisis data penguasaan konsep dilakukan dengan perhitungan presentasi berdasarkan jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase siswa yang menjawab benar pada soal penguasaan konsep yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan pada engineering design process siswa kelas XI SMAN Lurasik setelah memperoleh pembelajaran ADI for STEM education pada materi termodinamika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 03:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137212

Actions (login required)

View Item View Item