Pengaruh model guide inkuiry dengan strategi konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi gelombang mekanik / Nur Widya Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guide inkuiry dengan strategi konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi gelombang mekanik / Nur Widya Hasanah

Hasanah, Nurwidya (2020) Pengaruh model guide inkuiry dengan strategi konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi gelombang mekanik / Nur Widya Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Nurwidya. 2016. Pengaruh Model Guided inkuiry dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gelombang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A Kata Kunci Konflik Kognitif Miskonsepsi Gelombang Guided Inkuiry Kurikulum 2013 dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia terdidik yang menguasai konsep sehingga mampu mengurangi miskonsepsi siswa. Model pembelajaran inquiry merupakan model pembelajaran konstruktivis yang menyajikan beberapa permasalahan dunia nyata yang perlu dipecahkan diawal pembelajaran dan beberapa serangkaian pertanyaan untuk kegiatan penyelidikan data-data eksperimen untuk di tafsirkan dan hasil observasi digunakan untuk dapat dianalisis dan masalah. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mengatasi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran fisika serta cocok di integrasikan dengan model Guided Inquiry adalah strategi konflik kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan matching Pretest-post-test Control Group Design serta menggunakan uji-t untuk menguji hipotesisnya. Teknik pengambilan sampelnya mengguakan purposive sampling. Jumlah masing-masing siswa tiap kelasnya adalah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis data penurunan miskonsepsi siswa yang didasarkan pada hasil pretest dan posttest yang selanjutnya dianalisis menggunakan N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi siswa yang belajar melalui pembelajaran guided inkuiry dengan menggunakan strategi konflik kognitif dilihat dari pretes dan postes. Untuk kelas eksperimen nilai pretes 494 turun menjadi 250 untuk posttest sementara kelas control untuk pretes 496 turun menjadi 334 unuk skor posttest. Hal ini dapat dilihat dari nilai rerata penurunan miskonsepsi kelompok eksperimen sebesar 37.7% dan kelompok kontrol sebesar 25%. Serta uji-t berpasangan diperoleh nilai sig 2 tailed sebesar 0 000. Hal ini menunjukkan terdapat pebedaan signifikan penurunan miskonsepsi kelompok GI dengan strategi konflik kognitif dengan kelompok konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137208

Actions (login required)

View Item View Item