Peningkatan pemahaman konsep siswa melalui program resitasi berbasis contrasting case pada materi listrik statis / Mafida Hermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep siswa melalui program resitasi berbasis contrasting case pada materi listrik statis / Mafida Hermawati

Hermawati, Mafida (2020) Peningkatan pemahaman konsep siswa melalui program resitasi berbasis contrasting case pada materi listrik statis / Mafida Hermawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Resitasi merupakan pendekatan melalui pemberian informasi dan pengajuan pertanyaan yang kemudian siswa merespon untuk mendapatkan balikan secara langsung. Resitasi yang berisi soal-soal kasus kontras dapat membantu siswa dalam membedakan ciri penting dari suatu fenomena sehingga siswa mampu mengidentifikasi serta menarik kesimpulan terkait beberapa permasalahan yang diberikan melalui cara mencari perbedaan dan persamaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui program resitasi berbasis kasus kontras pada materi listrik statis dan apa saja kesulitan yang masih dihadapi siswa dengan menggunakan program resitasi berbasis kasus kontras pada materi listrik statis. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain model embedded experimental. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa pada kelas XII IPA 2 SMAN 1 Balongpanggang di semester I tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep materi listrik statis yang terdapat pada pretes dan postes buku log angket respon serta pedoman wawancara. Program resitasi berbasis kasus kontras diberikan secara bertahap melalui paket-paket dengan soal latihan yang berbeda. Pada tahap pertama siswa diberi paket 1 yang berisi 8 soal latihan. Tahap kedua siswa diberi paket 2 dengan jumlah soal sebanyak 6 soal latihan dan tahap ketiga siswa diberi paket 3 dengan 10 soal latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa materi listrik statis mengalami peningkatan setelah pemberian program resitasi. Peningkatan rata-rata skor pemahaman konsep siswa dari 42 82 ke 74 89. Nilai N-gain sejumlah 0 56 serta effect size sejumlah 2 506. Skor pemahaman konsep siswa berbeda secara statistik dibuktikan melalui uji t dengan nilai p 0 00. Kesulitan yang dialami oleh siswa antara lain (1) menyelesaikan soal jika terdapat perubahan situasi pada soal yang memerlukan analisis meskipun dengan cara dan tujuan soal yang sama (2) menganalisis soal untuk diterapkan ke formula rumus yang sesuai (3) menganalisis karakteristik hukum Coulomb pada fenomena gambar (4) menafsirkan garis medan listrik dan (5) membandingkan energi potensial listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137206

Actions (login required)

View Item View Item