IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN (KECAKAPAN) HIDUP DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR - Repositori Universitas Negeri Malang

IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN (KECAKAPAN) HIDUP DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR

Sugianto, Dwi (2011) IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN (KECAKAPAN) HIDUP DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
kecakapan hidup.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK : Perubahan kebijakan WAJAR dari 6 tahun menjadi 9 untuk menyesuaikan dengan tantangan dalam kehidupan masyarakat global. Dengan kebijakan wajib belajar 9 tahun, maka setiap warga Indonesia wajib memiliki pendidikan minimal tingkat SLTP. Pendidikan dasar 9 tahun, pada prinsipnya memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh bekal pengetahuan dan kecakapan baik untuk melanjutkan studi maupun untuk dapat mandiri dalam kehidupan bermasyarakat bagi mereka yang tidak melanjutkan studi. Seiring dengan otonomi pendidikan dan diberlakukannya KTSP, sekolah mengembangkan program muatan lokal untuk memberikan pendidikan keterampilan/kecakapan hidup. Disamping itu sekolah juga mendapatkan kewenangan mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai input pendidikan. Pengembangan perpustakaan sekolah menggunakan pendekatan education production function atau input output analysis. Kata kunci: pendidikan dasar, keterampilan/kecakapan hidup, dan perpustakaan sekolah

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:28
Last Modified: 25 Apr 2022 03:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item