Struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuer Kabupaten Malang / Rakyan Cintamayapanna - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuer Kabupaten Malang / Rakyan Cintamayapanna

Cintamayapanna, Rakyan (2017) Struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuer Kabupaten Malang / Rakyan Cintamayapanna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cintamayapanna Rakyan. 2017. Struktur Gerak Tari Tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ninik Harini M. Sn (2) Hartono S.Sn M.Sn. Kata kunci Struktur Gerak Tari Tokoh Klono Sewandono Lakon Rabine Panji Sanggar Galuh Candra Kirana. Tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang merupakan warisan budaya asli Malang yang harus dilestarikan dan diteruskan pada generasi muda. Ironisnya saat ini tidak banyak orang yang dapat menarikan disebabkan kurangnya pemahaman mengenai struktur gerak. Memang bila dibandingkan dengan tari topeng lainnya struktur gerak tari Klono Sewandono tergolong paling sulit untuk ditarikan. Oleh karena itu diperlukan pembahasan mengenai struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan terhadap generasi muda dalam melestarikan budaya ini.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Narasumber penelitian ini adalah Djiono Bardjo selaku seniman topeng Jambuwer dan Sumarsono selaku penari topeng Klono Sewandono Jambuwer. Data penelitian yang berupa paparan laporan didapat melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahannya dicek dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji terdiri dari gerak-gerak yang disusun sedemikian rupa yakni 12 unsur gerak kepala 6 unsur gerak badan 30 unsur gerak tangan 13 unsur gerak kaki 28 motif statis 29 motif dinamis 3 frase gerak 22 kalimat gerak statis 14 kalimat gerak dinamis dan 5 paragraf gerak. Kesimpulan struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji terdiri dari 12 unsur gerak kepala 6 unsur gerak badan 30 unsur gerak tangan 13 unsur gerak kaki 57 motif gerak 3 frase gerak 36 kalimat gerak dan 5 paragraf gerak. Adapun saran peneliti yaitu diadakan penelitian lebih lanjut dan menyempurnakan hasil penelitian khususnya tentang makna simbolik struktur penyajian tata rias busana dan musik pengiring pada tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji. Bagi Sanggar dan Pemerintah untuk lebih meningkatkan pengenalan dan pelatihan Tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji agar tidak punah dalam perkembangan seni budaya di Kabupaten Malang. ABSTRACT Cintamayapanna Rakyan. 2017. The Motion Structures of Figures Klono Sewandono Mask Dance to Lakon Rabine Panji in Galuh Candra Kirana Studio in Jambuwer Village of Malang Regency. Thesis Department of Art and Design Faculty of Letters State University of Malang. Supervisors (1) Dra. Ninik Harini M. Sn (2) Hartono S.Sn M.Sn. Key Words structure motion dance Klono Sewandono figures lakon rabine panji Galuh Candra Kirana studio. Klono Sewandono dance to Lakon Rabine Panji in Galuh Candra Kirana Studio in Jambuwer Village of Malang Regency is the one of original cultural heritage of Malang that must be preserved and passed on or continued to young generation. Ironically currently not many people can dance because they are lack of understanding about motion structures. Indeed when compared with another mask dance The Motion Structures of Figures Klono Sewandono Mask Dance most difficult to dance. Then it is needed to explain about the motion Structures of figures Klono Sewandono mask dance to Lakon Rabine Panji in Galuh Candra Kirana Studio in Jambuwer Village of Malang Regency which is expected to provide knowledge towards the younger generation in preserving culture. The purpose of the research is to describe the motion structures of figures Klono Sewandono mask dance to Lakon Rabine Panji in Galuh Candra Kirana Studio in Jambuwer village of Malang regency. The research is a qualitative descriptive research. This research took a place in Galuh Candra Kirana Studio in Jambuwer Village of Kromengan District of Malang Regency. The source of information in this research were Djiono Bardjo as the instructor of Jambuwer mask dance and Sumarsono as dancer of Jambuwer mask dance. The research data is in the form of reports trough the interview observation and documentation. The validity is checked using triangulation techniques and sources. The result of the research showed that the motion structures of figures of Klono Sewandono Mask Dance to Lakon Rabine Panji consists of some movements which is set by 12 head motion elements 6 body motion elements 30 arm motion elements 13 leg motion elements 28 static motives 29 dynamic motives 3 phrase 22 static movements 14 dynamic movements and 5 motion pharagraph. The conclusion the motion structures of figures of Klono Sewandono Mask Dance to Lakon Rabine Panji consists of 12 head motion elements 6 body motion elements 30 arm motion elements 13 leg motion elements 57 motives 3 phrase 36 movements and 5 motion pharagraph. Some suggestions of the future researcher are to complete this research especially about symbolic meaning structure performance cosmetology costume and accompaniment musical. Second suggestion toward studio and government to introduce and train Klono Sewandono in Lakon Rabine Panji dance in order not to become extinct in the development of art and culture in Malang. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmatNya penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul Struktur Gerak Tari Tokoh Klono Sewandono Dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang dengan baik dan lancar. Dalam penyusunan skripsi ini tidak menutup kemungkinan ada kesalahan- kesalahan dan masih memiliki banyak kelemahan serta keterbatasan sehingga tidak mungkin penulis dapat menyelesaikan skripsi ini tanpa bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Atas terselesaikannya penyusunan skripsi ini penulis mengucapkan banyak terimakasih atas segala bentuk bantuan dan dorongan yang diberikan yaitu ditujukan kepada 1.Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang telah mendukung mahasiswa dalam hal perijinan penelitian. 2.Dr. Hariyanto M.Hum selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain yang membantu kelancaran selama kuliah di Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 3.Drs. Sumarwahyudi M.Sn selaku Sekretaris Jurusan Seni dan Desain yang membantu kelancaran selama kuliah di Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 4.Dra. Ninik Harini M.Sn selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan nasehat saran bimbingan pengarahan kemudahan dan kesabaran dalam penyusunan skripsi ini. 5.Hartono S.Sn M.Sn selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan nasehat saran bimbingan pengarahan kemudahan dan kesabaran dalam penyusunan skripsi ini. 6.Dr. Robby Hidajat M.Sn. selaku dosen penguji yang telah memberikan nasehat saran bimbingan pengarahan kemudahan dan kesabaran dalam penyusunan skripsi ini. 7.Semua Dosen Jurusan Seni dan Desain khususnya Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik yang telah memberikan ilmu kepada penulis hingga dapat meraih gelar sarjana. 8.Bardjo Djiono dan Sismiati selaku pemilik sanggar Galuh Candra Kirana yang telah memberikan ijin dan meluangkan waktu sebagai narasumber yang telah memberikan informasi dalam penyelesaian skripsi ini. 9.Sumarsono selaku penari topeng Klono Sewandono di sanggar Galuh Candra Kirana yang telah meluangkan waktu sebagai pelatih dan narasumber dalam skripsi ini. 10Ayah dan Ibuku tercinta Suyanto S.Pd. dan Rakyan Sahasra Padma Dewi S.Ag. M.Pd.B. serta kakak dan adikku tersayang Rakay Sutamayapanna Rakay Indramayapanna Ayu Mustika Sari Vikka Setiawati Anathapindika dan Rakay Purohitamayapanna yang telah memberikan dukungan kasih sayang semangat serta doa tulus disetiap langkah sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik dan lancar. 11.Teman- teman seperjuangan PSTM 2013 terimakasih telah menjadi rekan yang baik dalam masa perkuliahan selama 4 tahun. Semoga Tuhan memberikan balasan yang berlimpah atas segala jasa dan kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan skripsi ini sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Malang 20 Juli 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman LEMBAR PERSETUJUAN i LEMBAR PENGESAHAN ii PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN iii ABSTRAK iv KATA PENGANTAR vi DAFTAR ISI ix DAFTAR TABEL . xi DAFTAR GAMBAR xii DAFTAR LAMIPRAN xiii BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 B. Rumusan Masalah 9 C. Landasan Teori 9 1. Gerak 9 2. Struktur Gerak 10 3. Tari. 14 4. Tari Topeng Klono Jambuwer 15 D. Kegunaan Penelitian 16 E. Definisi Operasional 18 BAB II METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 20 B. Kehadiran Peneliti 21 C. Lokasi Penelitian 21 D. Data dan Sumber Data 22 E. Prosedur Pengumpulan Data 23 1. Observasi 24 2. Wawancara 24 3. Studi Dokumentasi 26 F. Analisis Data 27 1. Reduksi 28 2. Penyajian Data 29 3. Verifikasi 30 G. Pengecekan Keabsahan Temuan 30 1. Triangulasi Teknik 30 2. Triangulasi Sumber 31 H. Tahap- Tahap Penelitian 32 1. Tahap Persiapan 33 2. Tahap Rancangan Penelitian 33 3. Tahap Pelaksanaan 34 4. Tahap Pelaporan 34 BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN Struktur Gerak Tari Tokoh Klono Sewandono dalam Lakin Rabine Panji 38 A. Unsur Gerak 43 1. Unsur Gerak Kepala 43 2. Unsur Gerak Badan 47 3. Unsur Gerak Lengan atau Tangan 50 4. Unsur Gerak Kaki 57 B. Motif Gerak 60 1. Motif Statis 61 2. Motif Dinamis 69 C. Frase Gerak 77 D. Kalimat Gerak 80 1. Kalimat Gerak Statis 81 2. Kalimat Gerak Dinamis 98 E. Paragraf Gerak 106 Temuan Penelitian 108 A. Unsur Gerak 108 B. Motif Gerak 109 C. Frase Gerak 110 D. Kalimat Gerak 110 E. Paragraf Gerak 111 F. Gerak Tari Klono Sewandono dalam Lakon yang lain 112 BAB IV PEMBAHASAN A. Struktur Gerak Tari 113 1. Unsur Gerak 113 2. Motif Gerak 116 3. Frase Gerak 118 4. Kalimat Gerak 119 5. Paragraf Gerak 121 . BAB V PENUTUP A. Kesimpulan 125 1. Unsur Gerak 125 2. Motif Gerak 126 3. Frase Gerak 127 4. Kalimat Gerak 127 5. Paragraf Gerak 127 B. Saran 128 DAFTAR RUJUKAN 129 DAFTAR ISTILAH 131 DAFTAR LAMPIRAN 136 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 2.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian Struktur Gerak Tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji 34 3.1 Unsur Gerak Kepala 44 3.2 Unsur Gerak Badan 48 3.3 Unsur Gerak Lengan/Tangan 52 3.4 Unsur Gerak Kaki 57 3.5 Motif Gerak Statis (Diam) 61 3.6 Motif Gerak Dinamis 69 3.7 Frase Gerak 77 3.8 Kalimat Gerak Statis (Diam) 81 3.9 Kalimat Gerak Dinamis 98 3.10 Paragraf Gerak 106 Ruang Lingkup Penelitian 136 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 2.1 Reduksi Data display data dan verifikasi28 2.2 Triangulasi teknik pengumpulan data 31 2.3 Triangulasi sumber pengumpulan data32 3.1 Peta Desa Jambuwer36 3.2 Penari Tari Topeng Klono Sewandono Memakai Kontum Lengkap 41 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Lampiran 1. Ruang Lingkup 136 2.Lampiran 2. Pedoman Wawancara 137 3. Lampiran 3. Transkrip Wawancara 139 4.Lampiran 4. Data Seniman 148 5. Lampiran 5. Foto dengan Narasumber 151 6. Lampiran 6. Profil dan Peta Desa Jambuwer 153 7.Lampiran 7. Surat Keterangan Penelitian 155 8. Lampiran 8. Absensi dan Jurnal Penelitian 162 9. Lampiran 9. Kartu Bimbingan Skripsi 165 10. Lampiran 10.Daftar Riwayat Hidup 170

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item