Bayangan konsep siswa sekolah menengah pertama tentang materi pola bilangan / Nur Hasanah Syarief - Repositori Universitas Negeri Malang

Bayangan konsep siswa sekolah menengah pertama tentang materi pola bilangan / Nur Hasanah Syarief

Syarief, Nur Hasanah (2020) Bayangan konsep siswa sekolah menengah pertama tentang materi pola bilangan / Nur Hasanah Syarief. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konseptual merupakan salah satu komponen penting dari pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Pemahaman konseptual juga memiliki peran penting dalam membangun pengetahuan yang dimiliki siswa. Salah satu materi yang membutuhkan pemahaman konseptual adalah materi pola bilangan. Pola bilangan memiliki peran penting dalam meningkan pengetahuan matematika kususnya berpikir aljabar. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi pola bilangan. Dengan demikian penting untuk mengetahui tentang pemahaman konseptual siswa. Salah satu cara untuk mengetahui pemahaman konseptual siswa adalah dengan melihat bayangan konsepnya. Bayangan konsep merupakan struktur kognitf total dalam pikiran individu yang dikaitkan dengan konsep yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bayangan konsep siswa tentang materi pola bilangan. Bayangan konsep dalam penelitian ini dideskripsikan menggunakan aspek asosiasi aspek intuisi aspek efisien aspek degenerasi dan elemen kunci. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang yang telah mempelajari materi pola bilangan. Subjek dibagi menjadi dua kategori yaitu dua siswa dengan kategori jawaban benar (S1 dan S2) dan dua siswa dengan kategori jawaban hampir benar (S3 dan S4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek memiliki bayangan konsep yang berbeda baik dari definisi konsep yang dijelaskan maupun cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Subjek dengan kategori jawaban benar memiliki bayangan konsep yang sesuai dengan ide matematis pola bilangan. Bayangan konsep kedua subjek berkaitan dengan pengertian pola bilangan. selain itu kedua subjek juga dapat membendakan contoh dan bukan contoh pola bilangan. Bayangan konsep subjek dengan kategori jawaban benar memenuhi aspek asosiasi aspek intuisi aspek efisien dan elemen kunci. S1 tidak memenuhi aspek degenerasi karena tidak ada pemahaman yang salah tentang pola bilangan dan S2 memenuhi aspek degenerasi karena salah dalam menjelaskan deret. Subjek dengan kategori jawaban hampir benar memiliki bayangan konsep yang berkaitan dengan pengertian pola bilangan namun bayangan konsepnya tidak sesuai dengan ide matematis pola bilangan. Bayangan konsep subjek dengan kategori hampir benar memenuhi aspek asosiasi dan elemen kunci. Kedua subjek dengan kategori hampir benar tidak memenuhi aspek efisien karena tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. S3 dari kategori jawaban benar memenuhi aspek degenerasi karena salah dalam memahami dan menjelaskan konsep pola bilangan dan S4 tidak memenuhi aspek degenerasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137179

Actions (login required)

View Item View Item