Penggunaan penulisan jurnal dan soal open ended untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa / Fitri Samuntya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan penulisan jurnal dan soal open ended untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa / Fitri Samuntya

Samuntya, Fitri (2020) Penggunaan penulisan jurnal dan soal open ended untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa / Fitri Samuntya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah dengan perspektif atau cara yang baru. Pemikiran kreatif siswa dapat diketahui dengan cara mengukurnya. Salah satu cara untuk mengukur berpikir kreatif siswa adalah memberikan permasalahan atau soal-soal yang bersifat terbuka. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP Muhammadiyah 4 Malang dalam pembelajaran siswa masih belum kreatif dalam menyelesaikan soal open ended. Siswa mampu menyelesaikan soal tetapi siswa belum mengungkapkan berbagai jawaban maupun cara untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Pada saat wawancara guru mengatakan bahwa mereka membutuhkan alat tambahan untuk memunculkan kreativitas siswa selain menggunakan soal open ended. Guru mengatakan bahwa alat yang mereka butuhkan adalah alat yang dapat dikolaborasikan dengan soal open ended yang dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal. Alat yang dapat dikolaborasikan dengan soal open ended untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa adalah jurnal. Oleh karena itu peneliti melaukan penelitian tentang penggunaan penulisan jurnal untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan penulisan jurnal dan soal open ended untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada tanggal 28 Februari 2020 sampai 10 April 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Malang sebanyak 8 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi catatan lapangan dan hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penulisan jurnal yang berisi soal open ended pada pembelajaran dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa. Melalui penggunaan jurnal siswa lebih kreatif menuliskan ide-idenya dan siswa juga lebih kreatif dalam memikirkan solusi lain untuk menemukan jawaban-jawaban yang lain. Pembelajaran dengan menggunakan jurnal yang berisi soal open ended disajikan dalam bentuk LKS dan lembar evaluasi yang dikemas seperti jurnal prompt serta dilaksanakan dengan beberapa tahap. Pertama adalah tahap awal pada tahap awal ini guru membuka pembelajaran dan memperkenalkan LKS yang berbentuk jurnal yang akan digunakan pada pembelajaran kemudian guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Tahap kedua yaitu tahap inti pada tahap inti ini siswa mengerjakan kegiatan yang ada pada LKS yaitu menjawab semua pertanyaan serta mengerjakan semua perintah yang ada pada kegiatan dalam LKS secara berkelompok kemudian salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka. Ketiga yaitu tahap akhir pada tahap ini guru dan siswa menyimpulkan materi pembeajaran dan melakukan evaluasi dengan menggunakan lembar evaluasi berbentuk jurnal. Evaluasi dikerjakan secara individu oleh masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137178

Actions (login required)

View Item View Item