Gesture mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorika berdasarkan kerangka berpikir Mason / Mei Radia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Gesture mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorika berdasarkan kerangka berpikir Mason / Mei Radia Putri

Putri, Mei Radia (2020) Gesture mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorika berdasarkan kerangka berpikir Mason / Mei Radia Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri M. R. 2020. GestureMahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika Berdasarkan Kerangka Berpikir Mason. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (2) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci gesture kerangka berpikir Mason Pada penelitian ini jenis gestureyang digunakan mengacu pada pengklasifikasian oleh Alibali dan Nathan yaitu gesture pointing representational dan writing. Gestureyang dilakukan bertujuan untuk menyampaikan ide maupun mempermudah dalam pemecahan masalah. Ketika seseorang memecahkan masalah tentunya terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui. Pada penelitian ini peneliti menggunkan kerangka berpikir oleh Mason yaitu fase entry attack dan reviewsebagai tahap dalam pemecahan masalah. Sehingga tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gesturedan tujuan dilakukannya gesturemahasiswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorika berdasarkan kerangka berpikir Mason.Subjek dalam penelitian ini merupakan 6 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang telah mengikuti mata pelajaran Matematika Diskrit khususnya materi Kombinatorika. Keenam subjek dibagi menjadi 3 dengan kategori jabawan benar (SB1 dan SB2) hampir benar (SH1 dan SH2) dan kurang benar (SK1 dan SK2). Sehingga terdapat 2 subjek disetiap kategori. Data tersebut diambil dari tes kombinatorika yang diberikan. Serta untuk melihat gestureyang dilakukansubjek selama pemecahan masalah berlangsung peneliti menggunakan alat video rekaman. Selain itu untuk melengkapi data peneliti melakukan wawancara tentang tujuan gestureyang dilakukan subjek saat memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan pada fase entrySB1 SB2 SH1 SH2 dan SK1 melakukan gesturepointingdan writing. Sedangkan SK2 hanya terlihat melakukan gesturepointing. Tujuan dari gesturepointingpada fase entry yaitu untuk memfokuskan menandai informasi dan memahami masalah. Selain itu pada gesturewriting bertujuan untuk menuliskan semua rancangan strategi seperti apa yang diketahui dan ditanyakan. Pada fase attack yang terlihat melakukan ketiga gestureyaitu SB1 SH1 SH2 dan SK1. Untuk SB2 dan SK2 pada fase ini melakukan gesturepointingdan writing. Tujuan dilakukan gesturepointingyaitu untuk memfokuskan gesturerepresentationaldilakukan bertujuan untuk mempermudah dalam perhitungan serta gesturewritingdilakukan untuk menuliskan semua tahap menjalankan rencana sampai pada penemuan solusi. Fase reviewyang melakukan ketiga gestureyaitu SB1 dan SB2. Sedangkan SH1 SH2 dan SK1 terlihat melakukan gesturepointingdan writing. Karena SK2 tidak melalui fase review sehingga tidak terlihat gestureyang dilakukan pada fase ini. Tujuan gesture pointing yang dilakukan pada fase reviewialah untuk mempermudah dalam pengecekkan kembali jawaban yang dituliskan. Gesturerepresentationaldilakukan bertujuan untuk mempermudah dalam perhitungan. Serta tujuan dilakukannya gesturewritingialah untuk menuliskan kesimpulan maupun menuliskan kembali jawaban yang dirasa benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137177

Actions (login required)

View Item View Item