Lidya, Norma (2017) Pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah teradap hasil belajar seni budaya (seni tari) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang / Norma Lidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lidya Norma. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Seni Tari) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Kata Kunci Metode Pemecahan Masalah Hasil Belajar Seni Budaya (Seni Tari). Pembelajaran seni budaya di sekolah-sekolah masih banyak menggunakan metode konvensional yang kegiatan pembelajarannya berpusat pada guru. Siswa di kelas yang kurang terlibat dalam pembelajaran akan menjadi pasif. Siswa yang baik akan mengikuti pembelajaran secara aktif. Tingginya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar seni budaya (seni tari) siswa kelas VII SMP Negeri 02 Tumpang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pemecahan masalah sebagai variabel bebas dan hasil belajar seni budaya (seni tari) sebagai variabel terikat. Teknik pengumupulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran posttest dan lembar penilaian praktik siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas uji reliabilitas uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata hasil belajar seni budaya (seni tari) kelas eksperimen sebesar 90.9 kategori sangat baik lebih besar daripada kelas kontrol sebesar 76.5 kategori baik (2) Berdasarkan uji hipotesis skor rata-rata hasil belajar seni budaya (seni tari) diperoleh nilai thitung 2.85 ttabel 2.03 dengan taraf signifikansi 0 05 (Sig 8805 945 ) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima (3) Hasil analisis data menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar seni budaya (seni tari) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal tersebut guru lebih baik menggunakan metode-metode yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Siswa mampu berfikir kritis terhadap suatu hal dengan pengetahuan yang diperoleh dari masalah yang pernah mereka selesaikan. Sehingga hasil belajar yang mereka peroleh akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13710 |
Actions (login required)
View Item |