Peningkatan hasil belajar pada materi jenis musik melalui metode PAKEM pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kandangan Kediri / Chintia Restu Armanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pada materi jenis musik melalui metode PAKEM pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kandangan Kediri / Chintia Restu Armanda

Armanda, Chintia Restu (2017) Peningkatan hasil belajar pada materi jenis musik melalui metode PAKEM pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kandangan Kediri / Chintia Restu Armanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Armanda Chintia Restu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Jenis Musik melalui Metode PAKEM pada Peserta Didik Kelas X MIPA 3 di SMAN 1 Kandangan Kediri. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Hj. E.W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Rully A. Zandra M. Sn M. Pd. Kata Kunci hasil belajar metode PAKEM jenis musik SMA. Kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Kandangan memiliki rata-rata hasil belajar di bawah SKM pada mata pelajaran seni budaya (seni musik). Metode yang digunakan guru adalah metode diskusi presentasi dan penugasan. Beberapa metode ini kurang sesuai digunakan pada kelas X MIPA 3 dengan kondisi peserta didik yang pasif. Guru juga belum pernah menerapkan metode PAKEM pada proses pelaksanaan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode PAKEM pada mata pelajaran seni budaya dengan materi jenis musik untuk peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kandangan dengan jumlah 38 peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana pencapaian hasil belajar peserta didik mencapai hasil belajar sesuai kriteria yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran seni budaya dengan materi jenis musik untuk peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kandangan dengan penerapan metode PAKEM. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas meliputi 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pada pelaksanaan pembelajaran melalui metode PAKEM guru menggunakan materi jenis musik. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dalam setiap siklusnya terdapat 3 kali pertemuan. Hasil refleksi dipergunakan untuk pertimbangan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada materi jenis musik. Penelitian ini merupakan hasil belajar yang didapatkan dari gabungan antara penilaian proses PAKEM dan penilaian hasil berupa tes tulis pada materi jenis musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni musik dengan metode PAKEM mengalami peningkatan. Batas kriteria ketuntasan yang ditetukan adalah sesuai dengan SKM di sekolah tersebut yaitu 75. Pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 76% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode PAKEM dipadukan dengan media power point video dan gitar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan tersebut dapat diketahui melalui data hasil belajar peserta didik selama penelitian dilaksanakan. Adapun saran yang diberikan yaitu guru seni budaya sebagai subjek pendidikan yang berinteraksi secara langsung dengan peserta didik sebaiknya menerapkan metode PAKEM pada mata pelajaran seni budaya dengan penggunaan media yang lebih variatif tanpa membebani peserta didik dengan tugas yang terlalu sulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item