Alfionita, Arini Nazmi (2017) Pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Arini Nazmi Alfionita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alfionita Arini Nazmi. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Malang . Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Metode pembelajaran Role Playing Minat Belajar Seni Tari Minat belajar siswa merupakan salah satu hal penting dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan cara membuat senang dan tertarik untuk mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VII di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan apakah kelompok yang diajar dengan menggunakan metode Role Playing memiliki minat belajar seni budaya (seni tari) lebih tinggi daripada kelompok yang tidak diajar dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental dengan tipe Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menerapkan metode Role Playing. Sampel dalam penelitian ini sebayak 74 siswa dengan 37 siswa pada kelompok eksperimen dan 37 siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket minat dan wawancara. Teknik analisis statistik data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan rerata antara dua kelompok. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 945 0 05 setelah melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis dari peneletian yang dilakukan diperoleh skor rata-rata angket minat belajar seni tari pada kondisi akhir atau setelah diberi perlakuan kelompok eksperimen memiliki hasil yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Skor rata-rata di kelompok eksperimen yaitu 64 5 dan kelompok kontrol yaitu 57 5. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran Role Playing berpengaruh terhadap minat belajar seni budaya (seni tari) kelas VII di SMP Negeri 1 Malang. Kelompok yang diajar dengan menggunakan metode Role Playing memiliki minat belajar seni tari lebih tinggi daripada kelompok yang tidak diajar dengan menggunakan metode Role Playing. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6 129 ttabel 1 666 dan nilai signifikansi t adalah 0 000 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima yang artinya metode pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) di SMP Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2016/2017. ABSTRACT Alfionita Arini Nazmi. 2017. The Effect of Learning Role Playing Methods to Students Learning Interest Subjects of Cultural Art (Dance Arts) Students of Class VII In SMP Negeri 1 Malang . Thesis Department of Art and Design Faculty of Letters State University of Malang. Counselor (I) Dr.Hariyanto M.Hum (II) Hartono S.Sn M.Sn. Keywords Learning methods Role Playing Learning Interest Dance Student learning interest is one of the important things in the learning process. One way to increase students interest in learning by making them happy and interested to follow the lesson by using the right method of learning. Related to that it is necessary to discuss about the influence of Role Playing learning methods on student learning interest. This research was conducted with the aim to describe the influence of Role Playing learning method to the students learning interest in art and culture class (dance art) class VII in SMP Negeri 1 Malang. This study also aims to describe whether the group taught by using Role Playing method has an interest in learning art and culture (dance) is higher than the group that is not taught by using Role Playing method. This research uses true experimental research design with Pretest Posttest Control Group Design type. This study used two groups namely the control group and experimental group treated by applying Role Playing method. The samples in this study were 74 students with 37 students in the experimental group and 37 students in the control group. The instruments used in this study are questionnaires of interest and interviews. Statistical analysis technique of research data using descriptive analysis by comparing the mean between two groups. Hypothesis testing is done by using t test (t-test) with significance level a 0 05 after doing prerequisite test that is normality test and homogeneity test. The result of analysis from research done got the average score of interest questionnaire of dance arts at the final condition or after being treated experiment group has higher result than the control group. The average score in the experimental group is 64.5 and the control group is 57.5. The results of this study show the learning method of Role Playing has an effect on the interest of learning art and culture (dance) class VII in SMP Negeri 1 Malang. Groups that were taught using the Role Playing method had an interest in learning dance art higher than the uneducated group using the Role Playing method. Based on t-test analysis obtained tcount of 6.129 ttable 1.666 and significance value t is 0 000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |