Ishak, Cita Nuary (2020) Efl student interactions across classroom activities: stance and engagement / Cita Nuary Ishak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Interaksi antar mahasiswa adalah komponen penting dalam pembelajaran bahasa asing tetapi penelitian yang membahas topik ini relatif jarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan penanda stance dan engagement dalam interaksi antar mahasiswa pada kegiatan diskusi panel dan presentasi lisan di kelas bahasa Inggris. Data penelitian diperoleh dari korpus Universitas Negeri Malang Spoken English in Academia Konteks (UMSpEAKs) dan diolah dengan menggunakan perangkat AntConc 3.5.8. Secara umum interaksi antar mahasiswa di kedua kegiatan kelas mengandung lebih banyak penanda stance daripada penanda engagement. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam interaksi mahasiswa di kegiatan diskusi panel dan presentasi mahasiswa lebih mengutamakan proyeksi diri dibandingkan interaksi dengan pendengarnya. Dilihat dari jenis kegiatan interaksi selama panel diskusi memiliki lebih banyak penanda stance dan engagement. Ini berarti kegiatan panel diskusi lebih terbuka bagi mahasiswa untuk menunjukkan proyeksi diri dan berinteraksi dengan pendengar. Penelitian ini juga menemukan tingginya frekuensi kemunculan penanda hedges seperti like can dan think yang kesemuanya menunjukkan diri mahasiswa sebagai seseorang yang ragu-ragu fleksibel dan rendah hati. Berbeda dengan proyeksi ini tingginya penggunaan kata ganti saya justru menunjukkan eksistensi diri yang gamblang dalam interaksi mahasiswa di kedua kegiatan kelas tersebut. Analisa penanda engagement menunjukkan tingginya penggunaan kata ganti orang kedua you sebagai penanda dengan tingkat kemunculan tertinggi dalam interaksi mahasiswa di diskusi panel dan presentasi lisan. Kata ganti ini seringkali muncul sebagai kata tanya do you ucapan terimakasih thank you dan you know . Do you sering digunakan moderator dalam diskusi panel untuk meminta mahasiswa memberikan lebih banyak penjelasan. Dalam presentasi lisan do you bertujuan untuk memastikan jika pendengar mengikuti penjelasan dengan baik. Thank you juga sering muncul dalam interaksi mahasiswa di kedua kegiatan kelas dan berfungsi untuk menunjukkan kesopanan dan meningkatkan hubungan dengan pendengar. Penggunaan you know digunakan untuk memberikan waktu kepada mahasiswa untuk mempersiapkan tuturan berikutnya. Berdasarkan temuan di atas terdapat beberapa saran. Pertama keragu-raguan mahasiswa yang tercermin dari pendanda stance perlu diteliti lebih jauh penyebabnya. Kedua terkait keterlibatan mahasiswa dalam argumen dan kurangnya interaksi dengan audiens diperlukan pembahasan tentang penanda stance dan engagment dan fungsinya dalam mencapai academic persuasion. Ketiga mahasiswa dalam penelitian ini menunjukkan kecenderungan untuk menyesuaikan interaksi mereka dengan norma dan budaya Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan pembahasan terkait isu tersebut dalam kaitannya dengan interaksi akademis di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/137054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |