Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan hasil belajar tari di kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek / Richa Dwi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan hasil belajar tari di kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek / Richa Dwi Rahmawati

Rahmawati, Richa Dwi (2017) Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan hasil belajar tari di kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek / Richa Dwi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Richa Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari di Kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E.W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran SAVI hasil belajar pembelajaran tari. Berdasarkan data awal yang diperoleh hasil belajar peserta didik kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek masih di bawah KKM dengan rata-rata 63. Hal ini disebabkan karena kurang adanya interaksi antar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran sehingga peserta didik menjadi pasif dan tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari melalui model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual dan Intelektual) pada peserta didik kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pada siklus I menggunakan media ular tangga sedangkan pada siklus II menggunakan media kartu soal jawaban atau make a match. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TIPTL 2 SMKN 1 Trenggalek yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Penilaian hasil belajar pada penelitian ini meliputi proses belajar peserta didik dalam penerapan model SAVI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan model SAVI mengalami peningkatan. Hasil belajar pada pra tindakan adalah 22 22% siklus I meningkat menjadi 36 11% dan pada siklus II meningkat menjadi 83 33%. Jadi ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari pra tindakan ke siklus I sebesar 13 89% dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 47 22%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model SAVI menjadikan pembelajaran yang menyenangkan baik fisik maupun intelektual ikut terlibat dengan baik. Adapun saran yang diberikan yaitu model SAVI dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penggunaan model pembelajaran seni tari tetapi perlu adanya pengorganisasian waktu dengan baik agar pembelajaran lebih efektif. Perlu adanya peneliti lanjutan terkait dengan variasi media yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item