Media pembelajaran komik digital tari grebeg Jawa menggunakan aplikasi webtoon untuk siswa kelas VII G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yesintha Octavianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran komik digital tari grebeg Jawa menggunakan aplikasi webtoon untuk siswa kelas VII G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yesintha Octavianti

Octavianti, Yesintha (2017) Media pembelajaran komik digital tari grebeg Jawa menggunakan aplikasi webtoon untuk siswa kelas VII G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yesintha Octavianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavianti Yesintha. 2017. Media Pembelajaran Komik Digital Tari Grebeg Jawa Menggunakan Aplikasi Webtoon Untuk Siswa Kelas VII G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Wara Suprihatin Diah Pratamawati M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci media pembelajaran komik digital webtoon tari Grebeg Jawa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang adalah salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran sub bidang seni tari yang diberlakukan sejak kelas VII semester ganjil pada semester genap materi yang diberikan ialah tari Grebeg Jawa. Pembelajaran seni budaya telah dilaksanakan selama dua semester akan tetapi pembelajaran seni tari di sekolah ini masih belum maksimal. Hal tersebut karena minimnya media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu mengajar guru. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik digital menggunakan aplikasi webtoon yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam peningkatan kualitas belajar pada mata pelajaran Seni Budaya sub bidang seni tari (Tari Grebeg Jawa). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D) yang telah dimodifikasi menjadi 11 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) pengumpulan data (3) perancangan produk (4) desain produk meliputi pra produksi produksi dam pasca produksi (5) uji validasi ahli (6) revisi produk I (7) uji coba kelompok kecil (8) uji coba kelompok besar (9) uji validasi ahli II (10) revisi produk akhir (11) produk komik digital dengan menggunakan aplikasi webtoon. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif kualitatif. Instrument pengumpulan data berupa angket validasi pada ahli materi ahli pembelajaran ahli media audiens yang terbagi dalam kelompok kecil dan kelompok besar serta tes uji coba hasil belajar melalui pre test dan post test. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk komik digital menggunakan aplikasi Webtoon. Adapun hasil uji coba ahli adalah sebagai berikut (1) validasi I dan revisi I secara keseluruhan proses ini mencapai 80% oleh ahli materi 95 8% oleh ahli pembelajaran dan 81 25% oleh ahli media (2) uji coba kecil dengan menggunakan 10 orang peserta didik sebagai sample mencapai 92 75% (3) uji coba kelompok besar dengan menggunakan 26 orang peserta didik mencapai 87 9% (4) hasil tes belajar siswa menunjukan 83 84% siswa telah memenuhi KKM 8805 75 (5) validasi II dan revisi II mencapai 92 5% oleh ahli materi sedangkan oleh ahli pembelajaran 95 8% serta 96 8% oleh ahli media (6) revisi produk akhir memastikan bahwa produk valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran komik digital yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Saran untuk penelitian lain adalah materi yang dikembangkan dapat dikaji lebih dalam tidak hanya terfokus pada sejarah karakteristik atribut dan motif gerak namun juga pada makna simbolik topeng dan warna kostum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item View Item