Buku acuan pelaksanaan dan penilaian Kontes Sape Sono' di Paguyuban Pantura Pamekasan / Novita Tri Septiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Buku acuan pelaksanaan dan penilaian Kontes Sape Sono' di Paguyuban Pantura Pamekasan / Novita Tri Septiyanti

Septiyanti, Novita Tri (2017) Buku acuan pelaksanaan dan penilaian Kontes Sape Sono' di Paguyuban Pantura Pamekasan / Novita Tri Septiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiyanti Novita Tri. 2017. Buku Acuan Pelaksanaan dan Penilaian Kontes Sape Sono di Paguyuban Pantura Pamekasan Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E. W. Suprihatin D. P M.Pd (II) Rully A. Zandra M.Sn M.Pd. Kata kunci penilaian kontes sape sono paguyuban Pantura Pamekasan. Kontes sape sono adalah sebuah perlombaan kecantikan sepasang sapi betina yang di adu kecantikannya layaknya seorang model yang sedang berjalan di karpet merah (catwalk). Pada awal mulanya sape sono hanyalah hiburan dari kejenuhan para petani namun saat ini sudah menjadi ajang kejuaraan. Paguyuban Pantura merupakan paguyuban sape sono terbesar di Madura paguyuban ini banyak memperoleh prestasi dalam mengikuti berbagai kontes. Namun pada saat pelaksanaan kontes sering terjadi kecemburuan sosial antar peserta yang dapat mengakibatkan carok. Hal ini terjadi kerena tidak adanya buku acuan sebagai pedoman penilaian kontes sape sono . Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah produk buku acuan yang dapat dijadikan pedoman bagi peserta maupun juri untuk melaksanakan kontes sape sono . Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Reserch and development oleh Sugiono yang telah dimodifikasi menjadi 12 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk I (4) Validasi revisi I (5) Produk II (6) uji coba kecil (7) Validasi II revisi II (8) produk II (9) uji coba besar (10) Produk IV (11) revisi III dan (12) produksi massal. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan ratting scale. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang di sajikan dalam bentuk prosentase. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk Pengembangan Buku Acuan Teknis Pelaksanaan dan Penilaian Kontes Sape Sono di Paguyuban Pantura Pamekasan. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut (1) validasi I revisi I Secara keseluruhan proses ini mencapai 76% oleh ahli media 60% oleh ahli materi dan 47.5% oleh ahli bahasa. (2) uji coba kecil mencapai 90%. (3) validasi II dan revisi II oleh ahli media mencapai 90% 86% oleh ahli materi dan 72.5% oleh ahli bahasa. (4) uji coba besar mencapai 91%. (5) revisi III merupakan tahap akhir untuk memastikan bahwa produk valid dan siap cetak. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk buku acuan yang dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan penilaian kontes di paguyuban Pantura. Saran untuk penelitian lain adalah materi kontes yang dikembangkan dapat diperluas tidak hanya terfokus pada penilaian kontes sape sono saja namun juga bisa pada bentuk penyajian kontes fungsi kontes dan struktur penyajian kontes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13699

Actions (login required)

View Item View Item