Struktur musik-tari kiprah glipang karya Asiyah di Sanggar Andhika Jaya Desa Pendil Kabupaten Probolinggo / Yaumul Sya'ban Wahyu Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur musik-tari kiprah glipang karya Asiyah di Sanggar Andhika Jaya Desa Pendil Kabupaten Probolinggo / Yaumul Sya'ban Wahyu Perdana

Perdana, Yaumul Sya'ban Wahyu (2017) Struktur musik-tari kiprah glipang karya Asiyah di Sanggar Andhika Jaya Desa Pendil Kabupaten Probolinggo / Yaumul Sya'ban Wahyu Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perdana Yaumul Sya ban Wahyu. 2017. Struktur Musik Tari Kiprah Glipang Karya Asiyah di Sanggar Andhika Jaya desa Pendil kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. E. W. Suprihatin D. R. M.Pd (II) Rully A. Zandra. M.Sn. M.Pd Kata Kunci musik tari kiprah glipang struktur penyajian pembentuk musik Musik tari Kiprah Glipang karya Asiyah di sanggar Andhika Jaya desa Pendil kabupaten Probolinggo memiliki struktur penyajian dan pembentuk musik. Struktur musiknya yang memiliki cerita dan tujuan tertentu serta pembentuk musik yang memiliki keunikan tersendiri menjadikan musik tari ini beda dengan musik tarian kiprah lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti untuk menggali lebih dalam lagi mengenai struktur musik tari kiprah glipang karya Asiyah di sanggar Andhika Jaya desa Pendil kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur musik tari kiprah glipang karya Asiyah di sanggar Andhika Jaya desa Pendil kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik yang digunakan untuk mendapatkan data yang tersaji pada rumusan masalah dipenelitian ini adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Struktur musik tari kiprah glipang karya Asiyah di sanggar Andhika Jaya desa Pendil kabupaten Probolinggo terbagi menjadi tiga bagian. Bagian awal terdiri dari oyokan dan kidungan awayaro bagian inti terdiri dari kidung kiprah glipang pertama kembangan pencak dan kidung kiprah glipang kedua serta dibagian akhir terdiri dari oyokan 2) Pembentuk musiknya tersusun dari timbre berasal dari ketipung lanang ketipung wedok jidor hadrah srompet dan vokal. Skala nada yang digunakan adalah diatonis mayor dan pentatonis slendro. Tempo pada musik iringan tari ini adalah alegro dan adagio. Ritmenya menggunakan birama 4/4. Unsur ekspresinya terlihat dari perubahan dinamika pada vokal jidor dan srompet. Ekspresi pada musik tari ini termasuk jenis forte. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setiap bagian dari struktur musik tari Kiprah Glipang karya Asiyah memiliki unsur pembentuk yang berbeda. Saran untuk peneliti lain adalah melakukan penelitian mendalam mengenai makna musik iringan tari Kiprah Glipang dan membuat media dan aolikasi tentang media pembelajaran musik iringan tari Kiprah Glipang. Perdana Yaumul Sya ban Wahyu. 2017. Structure Music Kiprah Glipang dance Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil village Probolinggo regency. Mini Thesis Department of Art and Design Faculty of Letter State University of Malang. Supervisors (1) Dra. Hj. E. W. Suprihatin D. R. M.Pd (II) R. Ap. Zandra. M.Pd. M.Sn Keywords dance musical accompaniment Kiprah Glipang performance structure musical composition Music of Kiprah Glipang dance Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil Village Probolinggo Regency has performance structure and musical composition. The musical structure has story and specific purpose unique musical composition making this dance music is different from other dance music gait. It becomes the reason of researcher to explore further about structure music Kiprah Glipang dance Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil village Probolinggo regency. This research was conducted with the purpose to describe structure music Kiprah Glipang dance Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil village Probolinggo regency. This research used qualitative descriptive research design. Technique that used to collect data which displayed in this research problem formulation was source triangulation and method triangulation. The research result showed that 1) structure music Kiprah Glipang dance Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil village Probolinggo regency divided into three parts. The initial part consisted of oyokan and kidungan awayaro main part consisted of first part of kidung kiprah glipang kembangan pencak and second part of kidung kiprah glipang while final part consisted of oyokan 2) Musical accompaniment composition of Kiprah Glipang dance comes from ketipung lanang (male small drum) ketipung wedok (female small drum) jidor hadrah srompet (trompet) and vocal. Tone scale used in this musical accompaniment composition was major diatonic and slendro pentatonic. Tempo in this musical accomoaniment dance was allegro and adagio. The rhythm used bar of 4/4. The expression element seen from vocal jidor and srompet. Expression of musical accompaniment was forte type. Conclusion of this research was each part of structure of music Kiprah Glipang Asiyah creation at Andhika Jaya studio Pendil village Probolinggo regency had different composition elements. Suggestion to the other researcher is to conduct further research about the meaning of musical accompaniment to the Kiprah Glipang dance and create media and allocation about learning media of musical accompaniment to the Kiprah Glipang dance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item View Item