Peran Aminullah pada grup band Ru+Sak di Kota Probolinggo periode 2011-2016 / Gusti Muhammad Chaidir Aly - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Aminullah pada grup band Ru+Sak di Kota Probolinggo periode 2011-2016 / Gusti Muhammad Chaidir Aly

Aly, Gusti Muhammad Chaidir (2017) Peran Aminullah pada grup band Ru+Sak di Kota Probolinggo periode 2011-2016 / Gusti Muhammad Chaidir Aly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aly Gusti Muhammad Chaidir. 2017. Peran Aminullah Pada Grup Band Ru Sak Di Kota Probolinggo Periode 2011-2016. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E.W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata kunci Peran Aminullah Grup Band Ru Sak Kota Probolinggo Periode 2011-2016 Di kota Probolinggo terdapat sebuah grup band fenomenal yang bernama Ru Sak. Band ini terbentuk pada tahun 2011. Ru Sak band adalah singkatan dari kata Rumah Sakit. Filosofi band ini terbentuk karena sebagian personil band ini adalah karyawan Rumah Sakit Dr. Moh. Saleh kota Probolinggo. Band ini bergenre Dangdut Mix yang memadukan musik dangdut dengan musik pop rock blues jazz dan reggae. Keunikan grup ini memiliki tema yang berkaitan dengan medis pada judul lagunya Suntik Cinta UGD (Untung Gue Dapet) Bius (Biasa Usilin) aku Obat Galau 3x Sehari Resep Cinta dan Sakit Hati Ini. Dengan keunikan tersebut pada tahun 2016 grup band ini menjadi topik di beberapa media sosial. Dibalik kesuksesan dari grup band ini terdapat seseorang yang berperan penting yang membawa grup band ini menjadi dikenal oleh masyarakat yaitu Aminullah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Aminullah pada grup band Ru Sak di kota Probolinggo periode 2011-2016. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini pada periode 2011-2012 Aminullah berperan sebagai pemimpin sekaligus pendiri band. Aminullah berperan sebagai pemain keyboard sekaligus arranger pada aransemen lagu Syahdu (Rhoma Irama) dan lagu Suci Dalam Debu (Iklim). Periode 2013 Aminullah berperan sebagai public speaking pemain keyboard dan komposer lagu Obat Galau. Periode 2014-2016 Aminullah berperan mengembangkan band untuk entertainmen dan industri musik. Aminullah juga berperan sebagai pemain keyboard dan komposer lagu Suntik Cinta. Maka dapat disimpulkan bahwa peran Aminullah pada grup band Ru Sak di kota Probolinggo disajikan dalam tiga periode. Periode 2011-2012 periode 2013 dan periode 2014-2016. Aminullah sebagai pendiri pemimpin pemain keyboard arranger dan komposer memberikan kontribusi dalam keberhasilan grup Ru Sak band. Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk peneliti lain adalah melakukan penelitian tentang karya musik Aminullah pada Ru Sak band dan bentuk musik Ru Sak band agar masyarakat luas lebih mengenal tentang Ru Sak band.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item