Fantasia for string orchestra karya musik berbentuk fantasia orkestra gesek / Mahardika Septyo Aji Putra Garini - Repositori Universitas Negeri Malang

Fantasia for string orchestra karya musik berbentuk fantasia orkestra gesek / Mahardika Septyo Aji Putra Garini

Garini, Mahardika Septyo Aji Putra (2017) Fantasia for string orchestra karya musik berbentuk fantasia orkestra gesek / Mahardika Septyo Aji Putra Garini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Garini Mahardika Septyo Aji 2017. Fantasia For Strings Orchestra Karya Musik Berbentuk Fantasia Untuk Orkestra Gesek. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd. (II) Rully A. Zandra M.Sn M.Pd Kata Kunci Fantasia Strings Orchestra Karya musik Pertunjukan seni musik adalah ekspresi bunyi. Latar belakang dari karya ini adalah berawal dari sebuah rangsang auditif dimana pencipta sering mendengarkan musik klasik dengan format penyajian orkestra. Dari titik inilah awalan dari ide untuk menciptakan berasal. Kemudian lingkungan mahasiswa musik di Universitas Negeri Malng juga mendorong keinginan pencipta untuk membuat komposisi musik klasik yang dengan format orkestra gesek dengan catatatan bahwa jenis musik ini sangat dibutuhkan di kalangan jurusan musik dimana saja karena jenis musik ini menggunakan teori yang sesuai dan bisa dipertanggung jawabkan. Skripsi penciptaan ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Menciptakan dan mendeskripsikan karya musik yang diberi judul Fantasia for String Orchestra yang bersumber pada musik absolut. (2) Mempresentasikan komposisi Fantasia for String Orchestra . Metode penciptaan komposisi musik yang digunakan yaitu menggunakan buku Prier yang berjudul Ilmu Harmoni. Langkah pertama adalah (1) Menentukan nada dasar. (2) Menentukan nada pengantar untuk menuju ke nada dasar. (3) Membuat melodi berdasarkan gerakan-gerakan pada masing-masing lagu. (4) Membuat motif. Langkah kedua adalah (1) Membuat komposisi pengiring sebagai harmoni pada motif. (2) Menentukan jenis instrumen iringan. (3) Menentukan nada finalis untuk lagu bass. (4) Menentukan motif dari melodi yang kemudian membentuk sekuensi dan pembalikan. Hasil dari penciptaan ini menghasilkan sebuah karya yang berjudul Fantasia for String Orchestra Karya musik berbentuk fantasia untuk orkestra gesek dengan konsep musik absolut dan mempunyai format penyajian orkestra instrumen gesek. Kesimpulan dalam penciptaan ini yaitu karya musik dengan judul Fantasia for String Orchestra adalah sebuah karya musik akademik yang mempunyai konsep musik absolut dan berbentuk fantasia untuk orkestra gesek. Karya ini terdiri dari tiga bagian diantaranya adalah bagian pertama allegro (cepat) largo (lambat) dan andante (sedang) dan diciptakan dengan format orkes gesek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item View Item