Penerapan metode drill pada kegiaan ekstrakurikuler Kelompok Ppaduan Suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulung-agung / Devi Ninda Sarista - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode drill pada kegiaan ekstrakurikuler Kelompok Ppaduan Suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulung-agung / Devi Ninda Sarista

Sarista, Devi Ninda (2017) Penerapan metode drill pada kegiaan ekstrakurikuler Kelompok Ppaduan Suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulung-agung / Devi Ninda Sarista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarista Devi Ninda. Penerapan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Paduan Suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung. 2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Hartini M.Sn (II) Hartono S.Sn. M.Sn Kata kunci metode drill kegiatan ekstrakurikuler paduan suara Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi cara belajar siswa. Proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan potensi dalam ranah kognitif namun juga dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi siswa pada berbagai bidang yang biasanya dimaksimalkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil observasi oleh peneliti ekstrakurikurikuler paduan suara di SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung termasuk salah satu ekstrakurikuler yang kurang diminati sehingga pengembangan kelompok paduan suara tersebut kurang diperhatikan. Akan tetapi jika sedang ada acara perlombaan atau event musik sekolah selalu menghendaki kelompok paduan suara untuk tampil dan mengikuti perlombaan. Kurangnya pengembangan terhadap kelompok paduan suara tersebut menyebabkan rendahnya prestasi yang dihasilkan sehingga ekstrakurikuler paduan suara tidak terlalu menonjol diantara ekstrakurikuler yang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh diuraikan secara deskriptif yaitu berupa kata-kata atau kalimat. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti mencari data dan informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung kemudian memaparkan mengenai metode yang digunakan guru dalam melatih teknik vokal siswa kelompok paduan suara serta menjelaskan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dimulai dengan melakukan pemanasan atau solfegio kemudian dilanjutkan dengan latihan menggunakan metode drill untuk meningkatkan dan memperbaiki teknik vokal siswa kelompok paduan suara (2) Penerapan metode drill mampu meningkatkan dan memperbaiki teknik vokal yang dimiliki oleh siswa (3) Upaya peningkatan kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung adalah dengan melakukan latihan rutin dan latihan tambahan serta penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta memberikan motivasi. Saran yang dapat dikemukakan peneliti adalah penerapan metode drill dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain sehingga teknik vokal yang dimiliki siswa semakin meningkat yaitu teknik pernafasan ( pernafasan diafragma pernafasan perut dan pernafasan dada) artikulasi sikap tubuh ekspresi phrasering dan resonansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item