Peningkatan hasil belajar mata pelajaran seni musik pada siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Palang menggunakan model pembelajaran STAD / Beqiz Rozula - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar mata pelajaran seni musik pada siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Palang menggunakan model pembelajaran STAD / Beqiz Rozula

Rozula, Belqiz (2017) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran seni musik pada siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Palang menggunakan model pembelajaran STAD / Beqiz Rozula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rozula Belqiz. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Palang Menggunakan Model Pembelajaran STAD. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Rully A. Zandra M.Sn M.Pd. Kata Kunci penerapan model pembelajaran Pelajaran Seni Musik Penelitian Tindakan Kelas Student Teams Achievement Division Hasil Belajar. Siswa SMK Negeri 1 Palang memiliki prestasi yang kurang maksimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran yang belum tepat untuk menunjang proses pembelajaran. Model pembelajaran sebelum penelitian dilakukan hanya dengan menerapkan model ceramah saja. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK Negeri 1 Palang kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palang pada kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang berjumlah 33 siswa. Dalam prosedur penelitian yang dilaksanakan menggunakan dua siklus dimana disetiap siklus terdapat empat tahapan yang saling berkaitan dalam pelaksanaan penelitian dimulai dari tahap perencanaan tindakan pengamatan refleksi. Siklus yang pertama digunakan sebagai perkenalan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) yang belum pernah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palang khususnya pada kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Siklus ke dua dilaksanakan sebagai pemantapan dari proses belajar pada siklus pertama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes wawancara dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus dalam prosedur penelitian diperoleh hasil pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 57 57% dari jumlah siswa 33 yang tuntas belajar sebanyak 19 sedang yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 84 84% dari jumlah siswa 33 siswa yang tuntas sebanyak 28 dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK Negeri 1 Palang Kabupaten Tuban. Pembelajaran dengan model STAD (Student Team Achievement Division) sangat baik untuk pembelajaran mata pelajaran seni budaya yang pada dasarnya sesuai dengan KD yang mengharuskan siswa mengerjakan tugas secara berkelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item