Pengembangan buku ajar Tari Banteng Monel di TK Pembina Junrejo Kota Batu / Ayu Budi Permanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar Tari Banteng Monel di TK Pembina Junrejo Kota Batu / Ayu Budi Permanasari

Permanasari, Ayu Budi (2016) Pengembangan buku ajar Tari Banteng Monel di TK Pembina Junrejo Kota Batu / Ayu Budi Permanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permanasari Ayu Budi. 2015. Pengembangan Buku Ajar Tari Banteng Monel di TK Pembina Junrejo Kota Batu. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan Buku ajar Tari Banteng Monel Buku ajar adalah buku yang digunakan oleh guru dan anak sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Buku ajar berisi tentang materi ajar yang akan disampaikan pada proses belajar mengajar. Buku ajar untuk anak TK yang memuat tentang tari sangat jarang dan terbatas sehingga guru TK kurang memiliki referensi bahan ajar untuk memberikan materi seni terutama seni tari di sekolah. Adanya bahan ajar materi seni tari yang kurang mendukung dan sangat terbatas menjadi suatu permasalahan bagi penulis sehingga diperlukan suatu penelitian untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar berupa buku ajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa buku ajar yang berisi materi Tari Banteng Monel yang mudah lengkap dan menarik untuk anak Tanak Kanak-Kanak. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan Prosedur penelitian menurut Sugiyono yang terdiri atas identifikasi kebutuhan perencanaan produksi uji coba perseorangan revisi uji coba validasi revisi dan uji coba kelompok kecil. Subjek validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada guru Taman Kanak-Kanak. Data dikumpulkan melalui angket rating scale dengan menggunakan format penilaian uji coba validasi dan uji coba kelompok kecil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku ajar tari Banteng Monel di TK Pembina Junrejo Kota Batu yang berisi tentang sejarah Tari Banteng Monel ragam gerak Tari Banteng Monel tata gending (musik) Tari Banteng Monel tata busana Tari Banteng Monel dan tata rias Tari Banteng Monel. Isi buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar animasi yang berfungsi untuk memudahkan guru menyampaikan isi materi kepada anak. Penilaian ahli validasi produk menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan mendapat klasifikasi layak baik dan tidak revisi sehingga secara konseptual layak digunakan di sekolah. Berdasarkan hasil tersebut produk yang berupa buku ajar yang dihasilkan merupakan bahan pembelajaran yang efektif efisien dan memiliki daya tarik. Setelah produk dinyatakan layak dan valid maka produk tersebut dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan anak guru dan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item