Kajian koreografi Bedhaya Sri Tanjung karya Novyta Mijil Purwana Is di Kabupaten Blitar / Ajik Rachmad Suhendar - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian koreografi Bedhaya Sri Tanjung karya Novyta Mijil Purwana Is di Kabupaten Blitar / Ajik Rachmad Suhendar

Suhendar, Ajik Rachmad (2016) Kajian koreografi Bedhaya Sri Tanjung karya Novyta Mijil Purwana Is di Kabupaten Blitar / Ajik Rachmad Suhendar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhendar Ajik Rachmad. 2016.Kajian Koreografi Bedhaya Sri Tanjung Karya Novyta Mijil Purwana IS di Kabupaten Blitar. Skripsi JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dra. Hj. E.WaraSuprihatinDyah P M.Pd(2) Tri Wahyuningtyas S. Pd M.Si Kata Kunci KajianKoreografi Tari Bedhaya Sri Tanjung Tari Bedhaya Sri Tanjung merupakan ikon dan tari penyambutan di kabupaten Blitar. Tari ini selalu ditampilkan sebagai tari pembuka dalam acara di pendopo kabupaten Blitar memperingati hari jadi kabupaten Blitar serta biasa ditarikan di pelataran Candi penataran pada kegiatan besar. Candi Penataran memiliki beberapa relief diantaranya adalah relief Sri Tanjung. Relief ini merupakan ide dasar dalam karya Mijil yang diangkat menjadi sebuah karya tari yaitu Bedhaya Sri Tanjung. Peneliti menjadikan tari ini sebagai kajian koreografi karena dilihat dari sisi latar belakang penciptaan koreografer. Penelitianinidilaksanakan dengan tujuanuntukmendeskripsikan prosespenciptaandan bentuk tariBedhaya Sri TanjungkaryaNovytaMijil di Kabupaten Blitar. Penelitianinimenggunakanmetode penelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptif karena peneliti memperoleh data secara langsung dimana hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata gambar dan bukan angka-angka. Prosedurpengumpulan data menggunakan metodeobservasi wawancara dandokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajiandata sertapenarikankesimpulan yang digambarkan dan diverivikasikan. Pengecekankeabsahan datadilakukandengantriangulasisumberdantriangulasimetode. Hasilpenelitiantentangpengkajian tari Bedhaya Sri Tanjung disusundengan 3tahap. Pertama tahap eksplorasi internal koreografer mengadopsi ide garap relief candi untuk dijadikan karya tari sedangkan eksplorasi eksternalmenggunakanrangsangvisual gagasandankinestetis. Kedua adalah tahap improvisasi terbatas yang dikembangkan dari hasil eksplorasiyang bersumber dari relief Sri Tanjung pada candi Penataran melaluipenjajakan gerakdenganmempertimbangkandasar gerak gayagerak danbentukgerak. Ketiga adalah forming didalam tahap inikoreografer menyusun tari Bedhaya Sri Tanjung berdasarkan pola gerak dan pola lantai tari yang dirancang sesuai karakter tari dengan konsep keagungan. Perihal tersebutpadaBedhaya Sri Tanjunglebihpadapenegasangerak yang arahnyapadakeagungan tatariasdalamtariinimenggunakantipecorrection make-up tatabusana yang menghadirkankarakter musikiringanmengarahpadapenegasangerak. Kesimpulannya bahwa proses penciptaan tari Bedhaya Sri Tanjung dilakukan dengan 3 tahap yaitu eksplorasi improvisasi dan forming yang bersumber dari relief Sri Tanjung pada candi Penataran. Saran dalam penelitian ini bagi masyarakat pada umumnya untuk mempertahankan dan mengembangkan tari Bedhaya Sri Tanjung. Bagi mahasiswa dan peneliti lainnya untuk meneliti struktur gerak tari Bedhaya Sri Tanjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item